SOLOPOS.COM - Pelatih Amerika Serikat (AS), Juergen Klinsmann. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, WASHINGTON – Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (AS) memperpanjang kontrak pelatih, Juergen Klinsmann. Pelatih yang sukses mengantarkan AS ke putaran final Piala Dunia 2014 ini mendapat penambahan kontrak hingga empat tahun ke depan atau akan berakhir pada 2018.

Selain menjadi pelatih kepala, dalam salah satu kesepakatannya, eks pemain dan pelatih Timnas Jerman itu juga mendapat tugas sebagai direktur teknik AS.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

“Saya sangat beruntung bisa melanjutkan kerja yang telah kami mulai lebih dari dua setengah tahun lalu,” tutur Klinsmann dalam situs resmi Federasi Sepak Bola AS, seperti dilansir Reuters, Jumat (13/12/2013).

Ekspedisi Mudik 2024

“Menyenangkan bisa melihat kemajuan yang telah kami buat dan kami akan terus membuat peningkatan ke depannya.”

AS menempati tim yang cukup sulit di Piala Dunia 2014 nanti. The Yanks, julukan AS, berada di Grup G bersama juara dunia tiga kali, Jerman, Portugal dan Ghana.

Selama membesut AS, Klinsmann terbilang cukup sukses. Ia mengantarkan The Yanks merebut trofi Gold Cuo kelimanya, dengan memenangi seluruh laga di turnamen itu. Ia juga mengantarkan AS meraih tiket ke putaran final Piala Dunia, sebagai juara kualifikasi Zona CONCACAF.

Kini Klinsmann tak hanya mendapat posisi sebagai pelatih kepala. Perannya bersama Timnas AS juga kian besar, setelah merangkap jabatan sebagai direktur teknik.

“Peran direktur teknis merupakan sebuah tantangan besar, sekaligus kesempatan besar. Kami harus menjaga koneksi antara tim muda, pendidikan kepelatihan, Akademi Pembibitan dan juga kemampuan akar rumput di negara ini,” imbuh Klinsmann.

Sementara itu, Presiden Federasi Sepak Bola AS, Sunil Gulati, alasan memperpanjang kontrak Klinsmann sebagai pelatih kepala, karena telah melihat kemajuan sepak bola di negaranya sejak ditangani eks striker Tottenham Hotspur dan Inter Milan itu.

“Dalam dua tahun terakhir, dia telah membangun fondasi yang kuat dari tim senior ke tim junior dan kami ingin terus melanjutkan pembangunan itu hingga sukses,” terang Gulati.

AS akan mengawali kampanyenya pada Piala Dunia 2014 dengan menghadapi Ghana di Estadio Das Dunas, Natal, 16 Juni nanti. Setelah itu, The Yanks giliran menantang Portugal pada 22 Juni dan empat hari kemudian melawan tim yang pernah diantarkan Klinsmann ke semifinal Piala Dunia 2006, Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya