SOLOPOS.COM - Para pemain Brasil melakukan selebrasi ketika melakukan pertandingan persahabatan di Afrika Selatan beberapa waktu lalu. Ist/fifa.com

Solopos.com, SAO PAULO — Sejarah mencatat, tim Brasil unggul saat menghadapi tiga tim lainnya yang berada di grup A: Kroasia, Meksiko dan Kamerun. Kali ini, di tangan Scolari, sang arsitek, mempukah tuan rumah mengulang sejarah di babak penyisihan grup Piala Dunia FIFA Brasil 2014 yang akan digelar di Sao Paolo, Fortaleza, dan Brasilia ini.

A Selecao, julukan bagi Timnas Brasil, mempunyai rekor bagus melawan tiga calon lawannya nanti, meskipun salah satu dari mereka telah menyebabkan masalah akhir-akhir ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Brasil pernah bertemu dengan tiga lawannya di Grup A ini. Pertandingan pembuka pada 2014 melawan Kroasia adalah pengulangan dari laga pembuka Brasil pada 2006 di Jerman. Ketika itu gol Kaka memberi kemenangan kepada Pentacampeoes, yang juga membuat kenangan indah saat melawan Kamerun.

Di Amerika Serikat pada 1994, gol Romario, Bebeto, dan Mario Santos mempertontonkan bagaimana Brasil mengatasi wakil Afrika itu 3-0 untuk memesan tempat di babak knock out di turnamen yang pada akhirnya Dunga mengangkat tropi tinggi-tinggi.

Dengan Meksiko, ini akan menjadi keempat kalinya keduanya bertemu dalam sejarah Piala Dunia. Rekor sejauh ini menunjukkan Brasil meraih tiga kemenangan dengan 11 gol tercipta dan tanpa kebobolan. Terakhir mereka bertemu pada 1962, dimana A Selecao juga akhirnya yang juara.

Sementara dengan Meksiko, Brasil mempunyai catatan positif di Piala Dunia. Namun, tuan rumah harus melakukannya dengan baik untuk memetik pelajaran dari kekalahan berseri di turnamen lainnya.

Brasil telah kehilangan tidak kurang dari empat final melawan El Tri: Piala Konfederasi FIFA 1999, Turnamen Sepakbola Olimpiade 2012 di London, dan dua Piala Emas CONCACAF pada 1996 dan 2003.

Seperti halnya Meksiko, Kroasia juga membutuhkan babak play off untuk bisa mencapai putaran final Brasil, sama-sama menunjuk pelatih baru sebelum pertemuan “do-or-die”. Dengan absennya Niko Kovac, Kroasia bermain imbang 0-0 di Islandia dan mengalahkan tim Nordic dalam laga kandang di Zagreb.

Kamerun mengkonfirmasi tempat mereka di Brasil dengan kemenangan mendebarkan 4-1 di depan pendukung sendiri, menyusul hasil imbang tanpa gol di Tunisia pada pertandingan pertama.

Pemain yang perlu diwaspadai: Neymar (Brasil), Fred (Brasil), Thiago Silva (Brasil), Oribe Peralta (Meksiko), Raul Jimenez (Meksiko), Samuel Eto’o (Kamerun), Alexandre Song (Kamerun), Mario Mandzukic (Kroasia), dan Luka Modric (Kroasia).

Laga Grup akan dimulai 12 Juni di Sao Paulo di mana tuan rumah Brasil menghadapi Kroasia. Keduanya tergabung dengan Meksiko dan Kamerun di grup A. Babak grup akan berakhir pada 26 Juni, dengan pertandingan pertama babak 16 besar digelar dua hari kemudian di Belo Horizonte dan Rio de Janeiro.

Laga perempat-final kemudian akan digelar pada 4 dan 5 Juli, sementara semi-final dilangsungkan tanggal 8 dan 9 Juli dan juara Piala Dunia 2014 akan dipastikan pada 13 Juli di Rio de Janeiro.

GRUP A:
 Brasil
 Kroasia
 Meksiko
 Kamerun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya