SOLOPOS.COM - Pemain Australia Matthew Spiranovic (6) dan Ivan Franjic (2) menghadang tendangan bebas pemain Oman Abdulaziz Al-Maqbali (ka) di laga Asian Cup Grup A. JIBI/Reuters/Jason Reed

Piala Asia 2015 di babak penysihan grup antara Australia melawan Oman berakhir dengan kemenangan telak Socceroos, julukan Australia. Negeri Kanguru ini pun berhak melaju ke perempatfinal.

Solopos.com, SIDNEY —  Tuan rumah Australia berhasil lolos ke perempatfinal Piala Asia 2015. Ini didapat usai Socceroos menang telak 4-0 atas Oman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada laga kedua Grup A yang dihelat di Australia Stadium, Sydney, Selasa (13/1/2015) sore WIB, Australia yang mendominasi sejak menit awal butuh waktu hingga menit ke-27 lewat Matt McKay.

Gol itu seperti dilansir detisksport, diawali tendangan korner dan bola mengarah ke kepala Matthew Spiranovic yang menyundul ke depan gawang. Di sana ada McKay yang membelokkan arah bola ke dalam gawang Ali Al-Habsi.

Tiga menit setelahnya Australia memperbesar skor lewat Robbie Kruse. Massimo Luongo memenangi perebutan bola dan mengirimnya ke daerah kosong di antara dua bek Oman.

Kruse mampu mengejarnya dan menguasai bola dengan pahanya, sebelum menyepak bola melewati hadangan Al-Habsi. Skor 2-0 untuk keunggulan Australia.

Di masa injury time babak pertama, Australia mendapat penalti menyusul pelanggaran terhadap Tim Cahill. Mark Milligan yang maju sebagai eksekutor sukses mengubah skor jadi 3-0.

Di babak kedua Australia masih mendominasi jalannya laga dan berkali-kali mendapat peluang emas untuk menambah gol. Namun, Al-Habsi juga mampu mengagalkan beberapa peluang tersebut.

Gol keempat tuan rumah hadir di menit ke-70 ketika Tomy Juric menuntaskan crossing Matthe Leckie lewat sepakan voli dari jarak dekat. Laju bola keras dan mampu mengecoh Al-Habsi.

Hingga laga berakhir skor 4-0 tetap bertahan untuk kemenangan Australia dan membuat mereka lolos ke perempatfinal bersama Korea Selatan. Kedua tim akan memperebutkan status juara grup di laga terakhir pada 17 Januari.

Sementara Oman ada di posisi terbawah grup tanpa poin, sama dengan Kuwait tapi kalah selisih gol.

Susunan Pemain

Oman: Al Habsi, Al-Musalami, Al-Owaisi, Saleh (Ibrahim 88′), Al-Farsi, Al-Maqbali, Mubarak, Abdulsallam, Al Busaidi (Al Shatri 46′), Al Hosni (Al Jabri 46′), Al Khaldi.

Australia: Ryan, Franjic, Davidson, Cahill (Juric 51′), Milligan, Spiranovic, Leckie (Oar 77′), Kruse, McKay, Sainsbury, Luongo (Bresciano 51′).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya