SOLOPOS.COM - Pemain Pantai Gading Gervais (kiri) merayakan kemenangan seusai lolos ke semifinal Piala Afrika 2015. JIBI/Rtr/Amr Abdal

Piala Afrika 2015 memasuki babak semifinal. Pantai Gading dan Ghana menjadi dua negara yang lolos ke babak ini.

Solopos.com, MALABO — Pantai Gading lolos ke babak semifinal Piala Afrika berkat bintang mereka Wilfred Bony. Sementara Ghana juga melaju ke babak semifinal seusai hantam Guinea 3-0.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bony mencetak dua gol untuk mengantar negaranya mengalahkan Aljazair 3-1 dan melangkah masuk ke semifinal.

Bermain di Nuevo Estadio de Malabo, Malabo, Senin (2/2/2015) dinihari WIB, Bony membuka keunggulan Pantai Gading di menit 26. Namun Aljazair mampu menyamakan kedudukan melalui gol yang dibuat El-Arbi Hilal Soudani di menit keenam babak kedua.

Bony kembali menjadi mimpi buruk Aljazair melalui aksinya di menit 69 yang sekaligus mengubah kedudukan jadi 2-1.

Kemenangan Pantai Gading akhirnya dipastikan di menit 90 melalui pemain mereka yang merumput di Eropa. Adalah Gervinho yang golnya memberi Pantai Gading keungulan 3-1.

Sementara itu seperti dilansir detiksport, satu tiket ke babak semifinal yang tersisa dipegang Ghana. The Black Star meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 3-0 saat berhadapan dengan Guinea.

Ghana meraih kemenangan dengan cukup mudah. Unggul dalam banyak hal atas sang lawan, Ghana membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan empat menit. Christian Atsu mengubah skor jadi 1-0 saat dia sukses menyambar umpan backheel yang dilepaskan Andre Ayew.

Gol kedua Ghana tercipta satu menit sebelum turun minum. Baissama Sankoh berhasil memotong umpan pemain Guinea dan menyodorkan bola pada Kwesi Appiah untuk mengubah kedudukan jadi 2-0.

Gol penutup Ghana dalam laga ini tercipta di menit 61. Christian Atsu melepaskan tembakan keras dari sisi kana kotak penalti dan mengarahkan bola ke sudut atas gawang. 3-0 untuk Ghana.

Lolos ke empat besar, Ghana akan berhadapan dengan Equatorial Guinea, dalam laga yang akan digelar pada 5 Februari mendatang waktu setempat. Sementara semifinal lainnya mempertemukan Republik Demokratik Kongo dengan Pantai Gading. (JIBI/SOLOPOS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya