SOLOPOS.COM - Ini dia tim Ghana yang melaju ke perempatfinal Piala Afrika 2015. Ist/ghanasoccernet.com

Piala Afrika 2015 kini memasuki babak perempatfinal. Satu tim lagi yang lolos adalah Ghana, yang akan menemani Aljazair ke perempatfinal.

Solopos.com, MONGOMO — Ghana dan Aljazair memastikan langkah ke perempat final Piala Afrika 2015 setelah mengemas kemenangan di laga terakhir Grup C, Rabu (28/1) dini hari WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sempat tertinggal satu gol pada babak pertama, Ghana bangkit dan mengemas kemenangan 2-1 atas Afrika Selatan di Mongomo Stadium. Sementara itu, Aljazair merebut tike perempat final setelah mengandaskan Senegal dengan dua gol tanpa balas di Malabo Stadium.

Kedua tim itu sama-sama mengantongi enam poin dari hasil dua kali menang dan satu kali kalah di fase grup. Namun, Aljazair yang berhak menduduki posisi juara Grup C karena unggul dalam rekor head-to-head atas Ghana. Di perempat final, mereka akan menghadapi juara dan runner up Grup D yang ditentukan dalam laga terakhir, Kamis (29/1) dini hari.

Afrika Selatan memimpin lebih dulu lewat gol yang diciptakan Mandlo Masango pada menit ke-17. Namun, Ghana berhasil menceploskan dua gol balasan di pengujung babak kedua lewat tendangan John Boye dan Andre Ayew.

“Ini disebut Grup Maut, tapi kami bisa bertahan hidup dengan semangat dan kemampuan bertarung kami. Para pemain memberi kemampuan 100% mereka dan kami sangat layak mendapatkan kemenangan ini,” kata Pelatih Ghana, Avram Grant, seperti dilansir Reuters, Rabu.

Sementara itu, Aljazair memupuskan harapan Senegal untuk menembus perempat final. Padahal, Senegal sebenarnya hanya membutuhkan hasil imbang untuk mengamankan posisi runner up Grup C.

Namun, gol yang diciptakan Riyad Mahrez di menit awal laga menghancurkan asa Senegal. Gelandang Nabil Bentaleb mencetak gol kedua untuk mengukuhkan kemenangan Aljazair di laga pamungkas Grup C. Kekalahan ini, membuat Senegal yang awalnya bercokol di puncak klasemen tersungkur ke peringkat ketiga dengan raihan empat poin. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya