SOLOPOS.COM - Timnas Garuda Muda U-19 melakukan selebrasi setelah menjadi juara AFF U-19 mengalahkan Vietnam. Tangan dingin Indra Sjafri mengantar mereka ke peringkat tertinggi. (JIBI/Ant/M Risyal H)

Solopos.com, SIDOARJO — Pelatih timnas Indonesia di level junior, Indra Sjafri menuai hasil dari penjelajahannya ke berbagai penjuru Indonesia sejak dua tahun lalu. Dia berhasil mengantarkan skuat ‘Garuda Muda’ menjadi kampiun Piala AFF U-19.

Sudah sejak tahun 2011 lalu, seperti dilansir Detiksport Indra Sjafri ditunjuk untuk menangani timnas junior. Kala itu dia dipercaya untuk menangani tim U-16.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Babak kualifikasi Piala Asia U-16 menjadi tantangan pertama Indra Sjafri sebagai pelatih timnas. Saat itu, dia gagal membawa Indonesia lolos ke putaran final setelah hanya finis di peringkat tiga klasemen karena kalah bersaing dengan Thailand dan Australia.

Tapi, satu catatan bagus dibukukan tim besutan Indra Sjafri dan anak-anak asuhannya di ajang itu. Indonesia mencatatkan kemenangan terbesar di kualifikasi saat mengalahkan Guam 17-0 pada laga yang berlangsung di Yamaha Stadium, Nonthaburi, pada 17 September 2011 silam.

Usai kegagalan itu, Indra Sjafri pun mempunyai keinginan untuk menunjukkan bahwa pesepakbola Indonesia mempunyai bakat yang belum terendus. Pria kelahiran Painan, Sumatra Barat, 50 tahun lalu itu lantas melakukan kunjungan-kunjungan ke berbagai daerah di Indonesia untuk mencari bibit-bibit pesepakbola muda baru.

Sejak tahun 2011 sedikitnya ada sebanyak 43 daerah yang dikunjungi oleh Indra Sjafri untuk mendapatkan pemain-pemain terbaik.

Hasil kinerja Sjafri itu membuahkan hasil. Contohnya adalah kapten timnas U-19 saat ini, Evan Dimas. Dia yang gagal lolos seleksi timnas SAD yang dikirim ke Uruguay malah menjadi bagian penting tim asuhan pria yang merupakan mantan penggawa timnas di era 1980-an itu.

Gelar juara HKFA International Youth Football Invitation Tournament pada tahun 2012 di kelompok umur U-17. Yang kedua, menjuarai ajang yang sama di kelompok U-19 pada bulan Februari tahun ini.

Yang terbaru, Indra Sjafri mampu mempersembahkan gelar juara Piala AFF U-19 yang pertama kali untuk Indonesia, setelah berhasil mengalahkan Vietnam lewat adu penalti dalam laga final yang berlangsung di Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (22/9/2013) malam WIB.

Satu ajang lainnya sudah menunggu skuat ‘Garuda Muda’ setelah kesuksesan menjuarai Piala AFF U-19. Mereka sudah ditunggu ajang kualifikasi Piala AFC.

Indonesia yang berada di Grup G akan bersaing dengan Korea Selatan, Laos, Filipina, dan Guam untuk memperebutkan satu tiket ke putaran final turnamen AFC 2014 yang akan berlangsung di Myanmar. (JIBI/Solopos)

Timnas U-19 Indonesia melakukan selebrasi usai mengalahkan Vietnam. (JIBI/Ant/M Risyal Hidayat)

Timnas U-19 Indonesia melakukan selebrasi usai mengalahkan Vietnam. (JIBI/Ant/M Risyal Hidayat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya