SOLOPOS.COM - Pemain Timnas U-16 Vietnam merayakan gol yang mereka cetak ke gawang Filipina pada laga Grup A Piala AFF U16 2022 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (3/8/2022). Pertandingan itu berakhir dengan skor 5-0 untuk kemenangan Vietnam. (Antara/HO/AFF)

Solopos.com, SLEMAN – Tim Nasional (Timnas) U-16 Vietnam menjauh dari kejaran Timnas U-16 Indonesia setelah membantai Filipina dengan skor telak 5-0 pada laga Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Sultan Agung, Bantul, DIY, Rabu (2/8/2022) sore WIB.

Hasil tersebut memperkukuh posisi Vietnam di peringkat satu klasemen sementara Grup A dengan enam poin dari dua laga. Selisih gol Vietnam saat ini +9.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara itu, Indonesia masih di peringkat kedua dengan tiga poin tetapi baru menjalani satu laga. Indonesia akan menghadapi Singapura pada laga kedua di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu malam ini pukul 20.00 WIB.

Dalam pertandingan kontra Filipina, Vietnam tampil mendominasi dan unggul dua gol terlebih dahulu pada babak pertama lewat Le Van Thuan (40′) dan Le Dinh Long Vu (42′).

Seusai jeda Phan Thanh Duc Thien melesakkan gol pada menit ke-55. Tiga menit kemudian, Le Dinh Long Vu lalu menciptakan gol keduanya pada laga tersebut. Hoang Cong Hau menutup pesta gol Vietnam dengan golnya pada menit ke-71. Vietnam pun berjaya dengan skor 5-0 atas Filipina.

Baca Juga: Asyik, Harga Tiket Pertandingan Timnas U-16 Turun, Ada Gratisnya Pula

Piala AFF U-16 2022 menerapkan aturan head to head untuk menentukan posisi di klasemen ketika ada dua atau lebih tim yang berpoin sama setelah mereka saling berhadapan.

Artinya, timnas U-16 Indonesia harus menang atas Singapura jika ingin tetap membuka lebar peluang lolos ke semifinal.

Jika itu terjadi, Indonesia akan berpoin sama dengan Vietnam dan laga terakhir Grup A yang mempertemukan kedua tim tersebut, Sabtu (6/8/2022), akan menjadi penentu siapa yang berhak lolos ke empat besar.

Piala AFF U-16 2022, yang berlangsung pada 31 Juli-12 Agustus, diikuti oleh 12 negara yang dibagi ke dalam tiga grup.

Baca Juga: Persikabo Hadapi Persis, Kabomania Sampaikan Hal Ini ke Suporter Solo

Grup A dihuni Indonesia, Vietnam, Filipina dan Singapura. Grup B beranggotakan Thailand, Timor Leste, Laos dan Brunei Darussalam, lalu di Grup C ada Malaysia, Australia, Myanmar dan Kamboja.

Agar lolos ke semifinal, tim peserta harus menjadi juara grup atau menduduki peringkat kedua terbaik fase grup.

Nantinya, di semifinal, juara Grup A akan melawan juara Grup C, sementara pemuncak Grup B akan menghadapi peringkat kedua terbaik fase grup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya