SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi. JIBI/SOLOPOS/affsuzukicup.com

BANGKOK—Thailand menjadi tim pertama yang memastikan langkahnya ke babak semifinal Piala AFF 2012. Kepastian ini diraih tim Gajah Putih, julukan Thailand, setelah membenamkan Myanmar 4-0 dalam laga kedua babak penyisihan Grup A di Stadion Rajamangala, Selasa (27/11/2012) malam WIB.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Kemenangan Thailand diwarnai dengan hat-trick yang diukir Teerasil Dangda di menit ke-20, 81 dan 88. Sementara satu gol lainnya dicetak Apipoo Suntornpanavej di menit ke-60.

Tampil di kandang lawan, Myanmar tak terlihat kecil hati. Myanmar justru mampu memberi tekanan di menit ke-28 melalui usaha David Htan yang menerima assist Kyi Lin. Sayang, sepakan Htan masih melebar dari gawang.

Ekspedisi Mudik 2024

Dua menit berselang, Thailand memecah kebuntuan. Berawal dari umpan Phichitphong Choeichiu, Teerasil yang lepas dari jebakan offside berhasil menaklukkan kiper Myanmar, Thiha Sithu.

Pada babak kedua, Thailand kembali melanjutkan determinasinya. Gol kedua pun tercipta melalui tandukan Apipoo setelah memanfaatkan crossing dari sayap kiri yang dilepaskan Anucha Kitpongsri.

Pertahanan Myanmar terus dibombardir sepuluh menit menjelang bubaran. Gawang Myanmar pun kembali jebol pada menit ke-82. Teerasil kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan terukur dari  Theeraton Bunmathan.

Dua menit sebelum berakhirnya waktu normal, Teerasil lagi-lagi membuat pendukung tuan rumah kembali bersorak. Pemain nomor punggung 10 ini kembali menjebol gawang Myanmar setelah menerima umpan matang dari Sompong Soleb.

Berkat hasil ini Thailand sudah dipastikan lolos ke fase empat besar. Tim besutan Winfried Schaefer saat ini berada di puncak klasemen Grup A dengan koleksi enam poin dari dua kali kemenangan.

Sementara, Myanmar berada di posisi paling buncit dengan poin satu, sama dengan torhan Vietnam yang menempati posisi tiga, namun lebih unggul selisih gol.

Sedang, Filipina berada di posisi kedua dengan torehan tiga poin, hasil dari sekali menang dan sekali kalah. Kemenangan diraih The Azkals, julukan Filipina, saat menghadapi Vietnam 1-0 pada laga lebih awal.

Susunan Pemain
Myanmar: Si Thu, Min Tun, Aung Kyaw, Maung Lwin, Kyi Lin, Yan Paing (Kaung Sithu 68′), Phyo Aung, Htam, Lin Oo (Aung Moe 73′), Hein Kyaw, Zaw Oo (Thet Naing 69′)

Thailand: Thamsatchanan, Wongsa, Bunmathan (Sompong 88′), Jantakam, Purisay (Sunthornpanavej 58′), Dangda, Kitpongsri, Lahsoh, Pornsai, Choeichiu (Sunthornpit 71′), Buntao

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya