SOLOPOS.COM - Thailand Vs Indonesia (Twitter)

Piala AFF 2016 menyajikan duel Thailand vs Indonesia di babak final.

Solopos.com, SOLO – Indonesia harus menghadapi tantangan Thailand di leg kedua babak final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (16/12/2016) malam WIB. Ini menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk meraih trofi pertama Piala AFF.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ya, Indonesia sudah empat kali menjadi finalis di turnamen sepak bola antarnegara ASEAN ini. Namun empat kali pula Tim Garuda hanya menjadi runner up. Empat kesempatan itu terjadi pada edisi 2000, 2002, 2004, dan 2010.

Kini kesempatan menjuara Piala AFF datang kembali di edisi 2016. Menariknya, tim polesan Anfred Riedl itu kini memiliki bekal bagus untuk menjadi juara. Indonesia sukses memetik kemenangan di leg pertama atas Thailand dengan skor 2-1 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (16/12/2016) malam WIB.

Kemenangan itu membuat Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang agar bisa lolos. Terlebih, Indonesia juga memiliki catatan bagus di Piala AFF 2016 ini. Boaz Solossa dkk. selalu mencetak dua gol di setiap pertandingannya.

Namun kabar buruk datang karena Andik Vermansyah mengalami cedera. Andik menderita cedera saat melawan Thailand di leg pertama. Winger yang kini membela Selangor FA itu harus absen dua pekan. Kendati demikian, Andik tetap hadir di Thailand untuk mendukung rekan-rekannya.

Tanpa Andik, Riedl pun kemungkinan akan memasang Zulham Zamrun sejak menit pertama. Kendati pemain Persib Bandung itu mendapat sorotan di beberapa laga terakhir. Namun, Riedl nampaknya tak memiliki pilihan lain karena satu winger lainnya, Bayu Gatra, belum pernah dimainkan.

Selain absennya Andik, Riedl akan tetap memasang para pemain yang sama saat menjalani leg pertama. Indonesia memang seakan memiliki pertahanan yang cukup kuat saat mengandalkan dobel pivot, Bayu Pradana dan Manahati Lestusen. Sementara di sisi lain, Rizky Pora akan tetap menjadi andalan untuk menyisir sisi kiri.

Di kubu Thailand, pelatih Kiatisuk Senamuang juga kemungkinan tidak akan melakukan banyak perubahan. Pelatih yang akrab disapa Zico itu kemungkinan hanya memasukkan Tanaboon Kesarat yang absen di leg pertama karena cedera.

Zico juga akan tetap mengandalakan dua striker di depan yakni Teerasil Dangda dan Surawut Masuk. Dangda sendiri sangat produktif ketika menghadapi Indonesia, terbukti empat gol sudah ia lesakkan ke gawang Kurnia Meiga di Piala AFF 2016 ini.

Tim redaksi Solopos.com memprediksi laga bakal berjalan ketat. Thailand mungkin akan mendominasi bola, sementara Indonesia lebih banyak menjaga pertahanan dan mengandalkan serangan balik. Indonesia pun diprediksi bisa menahan imbang Thailand dan menjadi juara.

Menilik sejarah Piala AFF, setelah tim menang dengan skor 2-1 di leg pertama babak final maka di leg kedua akan bermain imbang 1-1. Kemungkinan Indonesia pun melakukan hal serupa dengan menahan Thailand imbang 1-1 dan menjadi juara. Namun dengan tren dua gol yang bisa dicetak oleh Indonesia di setiap pertandingan, bisa saja Tim Garuda menahan imbang Thailand dengan skor 2-2.

Perkiraan Susunan Pemain:

Indonesia: Kurnia Meiga; Benny Wahyudi, Fachruddin, Hansamu Yama, Abduh Lestaluhu; Bayu Pradana, Manahati Lestusen; Zulham Zamrun, Stefano Lilipaly, Rizky Pora; Boaz Solossa.

Thailand: Kawin Thamsatchanan; Adison Promrak, Koravit Namwiset, Theerathon Bunmathan; Tristan Do, Sarach Yooyen, Pokklaw Anan, Tanaboon Kesarat, Chanathip Songkrasin; Teerasil Dangda, Sarawut Masuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya