SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Sebanyak lima tim berebut dua tiket sisa semifinal Piala AFF 2014 karena dua slot lainnya telah diisi oleh Filipina dari Grup A dan Thailand dari Grup B setelah mampu meraih poin sempurna pada dua pertandingan yang telah dijalani.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan data di laman resmi AFF, Kamis, kelima tim yang masih punya peluang untuk melangkah ke babak berikutnya adalah Vietnam serta Indonesia dari Grup A dan Singapura, Malaysia serta Myanmar dari Grup B.

Dari lima tim yang ada, peluang terbesar lolos ke semifinal adalah tuan rumah Vietnam. Anak asuh Toshiya Miura hanya membutuhkan satu poin. Untuk meraih satu poin itu memang cukup berat karena harus menghadapi Filipina dan perkasa di dua pertandingan sebelumnya. Namun, sebagai tuan rumah dan mendapat dukungan penuh dari suporternya, peluang itu sangat terbuka.

Saat ini, tuan rumah Vietnam berada diposisi kedua klasemen Grup A dengan empat poin. Pesaing tuan rumah adalah Indonesia yang saat ini berada diposisi tiga dengan satu poin. Tim Merah Putih pada pertandingan terakhir akan menghadapi tim yang dipastikan sudah tersingkir yaitu Laos.

Bagi Timnas Indonesia peluang untuk lolos ke semifinal memang ada. Tapi, butuh sebuah keajaiban diantaranya tuan rumah Vietnam harus kalah dari Filipina, sedangkan anak asuh Alfred Riedl ini harus mampu menang besar saat menghadapi Laos dipertandingan terakhir Jumat (28/11).

Di Grup B, perjuangan tiga tim yaitu Singapura, Malaysia dan Myanmar masih sama-sama terbuka meski Singapura sudah mengemas tiga poin dari dua pertandingan. Malaysia dan Myanmar sama-sama masih mengemas satu poin. Jika dilihat dari statistik permainan, tim yang berjuluk The Lions itu yang lebih berpeluang lolos ke semifinal mendampingi Thailand.

Juara bertahan Piala AFF itu pada pertandingan penentuan akan berhadapan dengan Malaysia di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (29/11). Meski demikian, Harimau Malaya juga tidak boleh dianggap remeh. Anak asuh Dollah Salleh dipastikan akan bermain habis-habisan demi merebut satu tiket semifinal dari Grup B.

Sementara itu, tim yang saat ini berada diposisi juru kunci Grup B yaitu Myanmar dipertandingan terakhir akan menghadapi Thailand yang sudah memastikan diri lolos ke semifinal. Melihat perkembangan anak asuh Radojko Avramovic saat ini, peluang untuk lolos cukup berat.

Jadwal dan klasemen Grup A Piala AFF 2014 di Hanoi, Vietnam

28 November
Indonesia vs Laos, 19.00 WIB
Vietnam vs Filipina, 19.00 WIB

22 November
Filipina vs Laos (4-1)
Vietnam vs Indonesia (2-2)

25 November
Filipina vs Indonesia (4-0)
Laos vs Vietnam (0-3)

Klasemen sementara Grup A
Filipina 2 2 0 0 8-1 6*
Vietnam 2 1 1 0 5-2 4
Indonesia 2 0 1 1 2-6 1
Laos 2 0 0 2 1-7 0

Jadwal dan klasemen Grup B Piala AFF 2014 di Singapura

29 November
Thailand vs Myanmar, 19.00 WIB
Singapura vs Malaysia, 19.00 WIB

23 November

Malaysia vs Myanmar (0-0)
Singapura vs Thailand (1-2)

26 November
Malaysia vs Thailand (2-3)
Myanmar vs Singapura (2-4)

Klasemen sementara Grup B
Thailand 2 2 0 0 5-3 6*
Singapura 2 1 0 1 5-4 3
Malaysia 2 0 1 1 2-3 1
Myanmar 2 0 1 1 2-4 1

Semifinal leg 1, 6 Desember
Runner-up Grup A vs Juara Grup B

Semifinal leg 1, 7 Desember
Runner-up Grup B vs Juara Grup A

Semifinal Leg 2 : 10 Desember & 11 Desember

Final leg 1 : 17 Desember



Final leg 2 : 20 Desember

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya