SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Enam dari delapan tim kontestan AFF Suzuki Cup 2014 memercayakan figur pelatihnya pada orang asing. Pengecualian adalah Malaysia dan Thailand yang sepenuhnya beraroma lokal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Malaysia saat ini ditangani eks pemain nasionalnya, Dollah Salleh. Begitu pula Thailand yang ditangani pemain legendarisnya, Kiatisuk Senamuang.

Juga, kedua kesebelasan tersebut memiliki skuat yang tidak satu pun pemainnya hasil naturalisasi.

Dalam hal naturalisasi pemain, Filipina adalah “juaranya”. Mayoritas pemain The Azkals adalah pemain naturalisasi maupun pemain blasteran berdarah Spanyol, Italia, Inggris, Amerika, Belanda, Denmark, Swiss, Jepang, dan Iran.

Begitu pun dengan pelatih mereka, Thomas Dooley, yang adalah mantan kapten timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 1998.

Indonesia juga diperkuat cukup banyak pemain naturalisasi, yaitu 4 orang. Mereka adalah Cristian Gonzales, Victor Igbonefo, Raphael Maitimo, dan Sergio van Dijk. Pelatihnya, Alfred Riedl, berpaspor Austria.

Catatan menarik dari Singapura adalah, kali ini tak ada pemain “asing”. Dua tahun lalu mereka masih diperkuat 4 pemain hasil naturalisasi: Aleksandar Duric, Daniel Bennett, Shi Jiayi, dan Qiu Li.

Namun, skuat tahun ini semua pemainnya asli kelahiran Singapura. Bahkan, 22 dari 23 pemain mereka bernama khas Melayu.

Meski tanpa pemain naturalisasi, Singapura tetap dilatih sosok asing. The Lions sejak 2013 diarsitek orang Jerman bernama Bernd Strange.

Sebelumnya, dari 2003 sampai 2012 Singapura dibesut Radojko Avramovic. Di tangan pelatih Serbia itu Singapura tiga kali menjuarai Piala AFF (2004, 2007, 2012). Ia mundur pada Desember 2012, dan menerima pinangan Myanmar pada Februari 2014.

Myanmar langsung meraih hasil positif sejak ditangani Avramovic. Mereka lolos dari babak kualifikasi Piala AFF 2014 dan tampil di putaran final — berada di Grup B bersama Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Tim yang menggunakan pelatih asing adalah Vietnam, sang tuan rumah Grup A. Figur itu adalah Toshiya Miura, yang sebelumnya pernah melatih klub Jepang, Vissel Kobe dan Ventforet Kofu.

Satu tim lain yang juga mengandalkan pelatih asing adalah Laos. Tim yang lolos dari babak kualifikasi ini ditangani David Booth asal Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya