SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Indonesia adalah salah satu kekuatan yang cukup disegani di kancah sepak bola Asia Tenggara. Sebelum kini dikuasai Thailand, Indonesia dulu sempat dijuluki “Macan Asia”. Jadi kehebatan Indonesia tak hanya di Asia Tenggara, bahkan Asia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tapi itu dulu. Kini, Indonesia bahkan belum mampu memenangi gelar juara Asia Tenggara atau yang kini disebut AFF Suzuki Cup sejak 1996. Prestasi Indonesia di ajang ini adalah 4 kali menjadi runner up yaitu pada 2000,2002, 2004 dan 2010. Indonesia juga meraih posisi ketiga sekali pada 1998.

Kini, timnas “Merah Putih” akan berjuang lagi untuk merebut gelar juara AFF Suzuki Cup 2014 di Vietnam dan Singapura pada 22 November sampai 20 Desember nanti. Bisakah tim besutan Alfred Riedl itu mewujudkannya tahun ini?

Ekspedisi Mudik 2024

Berikut detail torehan hasil dari timnas Indonesia di AFF Cup selama 5 edisi terakhir yaitu sejak 2004 sampai 2010, seperti dilansir dari Liputan6.com, Senin (17/11/2014) :
1. Tiger Cup 2004

Saat itu, Piala AFF masih diberi nama Tiger Cup karena memang disponsori perusahaan bir asal Singapura. Indonesia bergabung di grup A bersama tuan rumah Vietnam, Singapura, Laos dan Kamboja.

Indonesia begitu digdaya di penyisihan grup A dengan merebut 3 kemenangan dan satu kali hasil imbang. Indonesia mencetak 17 gol di penyisihan grup dan tak kebobolan satu kalipun. Luar biasa!

Dengan hasil ini, Indonesia sebagai pemuncak klasemen jumpa Malaysia di semifinal. Pada leg pertama, Indonesia kalah 1-2 dari Malaysia. Gol Kurniawan Dwi Yulianto dibungkam 2 gol dari Liew Kit Kong.

Namun di leg ke-2, Indonesia berhasil menekuk Malaysia 4-1. Uniknya kemenangan ini dilakukan Kurniawan Dwi Yulianto dan kawan-kawan di Stadion Bukit Jalil, markas Malaysia.

Di final Indonesia jumpa dengan Singapura. Pada leg pertama, Indonesia kalah 1-3 dari Singapura. Gol Daniel Bennet, Khairul Amri dan Agu Casmir benamkan Indonesia. Di leg kedua, Indonesia kembali terjungkal di SUGBK dengan skor 1-2. Indra Sahdan Daud dan Agu Casmir jadi mimpi buruk timnas.
2. AFF Cup 2006

Indonesia tergabung di grup B bersama tuan rumah Singapura, Vietnam, Indonesia dan Laos. Untuk edisi kali ini pula, Indonesia rasakan kegetiran tak mampu lolos grup. Ini karena hasil kemenangan satu kali dan 2 kali hasil imbang.

Meski menang 3-1 atas Laos di laga pertama. Indonesia tak mampu memaksimalkan laga melawan Singapura dan Vietnam. Sebenarnya, poin Singapura, Vietnam dan Indonesia sama-sama 5. Tapi Indonesia kalah produktifitas gol dari kedua negara tersebut.

Duel melawan Laos dijadikan lumbung gol oleh Singapura dan Vietnam. Singapura menghajar Laos 11-0. Sedangkan Vietnam menang 9-0 atas Laos.
3. AFF Suzuki Cup 2008

Indonesia menjadi tuan rumah di Piala AFF kali ini. Timnas satu grup dengan Singapura, Myanmar dan Kamboja. Indonesia menjadi runner up grup A dengan rincian hasil 2 kali menang dan 1 kali kalah.

Karena menjadi runner up, Indonesia harus rela jumpa dengan Thailand di semifinal. Pada leg pertama, Indonesia takluk 0-1 dari Thailand di SUGBK. Gol dari Teerasil Dangda bikin publik SUGBK terbungkam.

Pada leg kedua, Thailand kembali menekuk Indonesia dengan skor 2-1. Maka itu, Indonesia pun gagal melaju ke final. Turnamen di 2008 ini pun dimenangkan Vietnam dengan skor agregat 3-2.

4. AFF Suzuki Cup 2010

Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah Piala AFF. Satu grup dengan Malaysia, Thailand dan Laos, Indonesia tampil digdaya kali ini. Tim besutan Alfred Rield itu mampu mengalahkan Malaysia 5-1, tekuk Laos 6-0 dan kalahkan Thailand 2-1.

Tanpa disangka, Thailand pun terjungkal di fase grup untuk pertama kali sejak keikutsertaan mereka di Piala AFF. Di semifinal, Indoensia jumpa Filipina. Indonesia berhasil lolos ke final dengan agregat 2-0.

Di final, Indonesia kembali bertemu musuh bebuyutan Malaysia. Kali ini, “Harimau Malaya” tak bisa dipermalukan Indonesia lagi. Pada final leg pertama, Malaysia tekuk Indonesia 3-0. Sedangkan di leg kedua, Indonesia hanya mampu menang 2-1. Indonesia pun kembali gagal juara.

5. AFF Suzuki Cup 2012

Ini boleh jadi keikutsertaan tersulit bagi timnas Indonesia. Pada AFF Cup tahun ini, sepak bola Indonesia sedang terbelah. Alhasil, timnas tak bisa memanfaatkan pemain-pemain terbaik yang ada di Indonesia.

Tak dielakkan lagi, Indonesia pun gagal di fase grup. Ini karena hasil menang 1 kali, kalah 1 kali dan imbang 1 kali. Harapan Indonesia sempat melambung saat menang 1-0 atas Singapura lewat gol fantastis Andik Vermansyah.

Sayang, Indonesia membuang kesempatan karena kalah 0-2 dari Malaysia lewat gol Akil dan Jasuli.



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya