SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, JAKARTA — Indonesia berpeluang mengatasi perlawanan Filipina, pada partai kedua di Grup A Piala AFF 2014 di Stadion My Dinh Hanoi, Vietnam melawan Filipina, Selasa (25/11/2014).

Rekor pertemuan yang belum pernah kalah, hanya seri dua kali dan menang 19 kali, bukan menjadi alasan utama. Lebih dari itu, tidak meratanya kekuatan Filipina, membuat Indonesia mampu mematahkan perlawanan Filipina.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Filipina hanya banyak mengandalkan pemain naturalisasi seperti kapten Younghousband. Selebihnya, materi yang asali kelahiran Filipina, tidak memilik skill yang sepadan dengan para pemain naturalisasi mereka. Itu yang menyebabkan, Filipina kerap menemui kesulitan jika menghadapi tim besar Asean seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Indonesia.

Ekspedisi Mudik 2024

Jika peringkat Filipina jauh lebih baik dari Indonesia, semata, jadwal uji coba mereka di pentas internasional jauh lebih banyak dari yang dilakukan Indonesia.

Kini, mampukah Van Dijk menjadi ‘subur’? Semua bergantung kepada pola permainan yang diramu oleh Alfred Riedl. Indonesia kesulitan menghasilkan gol yang dirancang saat melawan Vietnam. Itu  lantaran, bola selalu ingin cepat diarahkan kepada Van Dijk. Zamru, Lestusen, M.Ridwan selalu ingin cepat melakukan long passing atau fast break dengan long passing ke Van DIjk. Pola ini, dengan lawan seperti Vietnam, mudah dipatahkan. Mereka cukup mematikan Van DIjk dengan menempatkan satu pemain untuk mengawalnya.

Indonesia  berpeluang menang jika mampu menguasai lini tengah. Pemain seperti Evan Dimas, Firman Utina, Boas Salossa mungkin lebih tepat untuk lawan seperti Filipina. Sebab, mereka lebih baik dalam menguasai lapangan tengah dan saat melakukan penetrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya