SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Filipina selalu menembus babak semifinal dalam dua edisi terakhir Piala AFF. Untuk gelaran tahun 2014 ini, The Azkals bertekad meraih hasil yang lebih baik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam dua edisi terakhir Piala AFF, Filipina menunjukkan tren menanjak. Mereka bukan lagi sekadar tim ‘penggembira’ yang menjadi lumbung poin dan gol bagi tim-tim lain.

Setelah selalu gagal lolos dari fase grup –dengan sebagian besar menjadi juru kunci grup– Filipina menorehkan sejarah baru di Piala AFF 2010. Untuk pertama kalinya, mereka lolos dari fase grup dan mencapai babak semifinal.

Di gelaran tahun 2010 itu, Filipina lolos dengan status sebagai runner-up Grup B di bawah Vietnam. Filipina yang kala itu ditangani oleh Simon McMenemy itu mengungguli Singapura untuk lolos ke semifinal.

Di semifinal, langkah Filipina dihentikan oleh Indonesia. Dalam laga dua leg yang kesemuanya dimainkan di Indonesia, Filipina kalah dengan agregat 0-2.

Dua tahun berselang, Filipina mampu mengulang pencapaian terbaiknya dengan melenggang ke semifinal. Mereka lolos dengan status sebagai runner-up Grup A.

Tapi Filipina lagi-lagi tak mampu melangkah lebih jauh dari semifinal. Phil Younghusband dkk. dikalahkan Singapura dalam pertandingan dua leg dengan agregat 0-1.

Menilik perkembangan dalam dua edisi terakhir, para penggawa Filipina yakin timnya bisa menjadi penantang di turnamen tahun ini. Filipina pun tak ingin lagi terhenti di babak semifinal.

“Kami sudah mencapai semifinal dalam dua turnamen terakhir jadi saya pikir kami adalah salah satu penantang. Ada banyak tim kuat di kompetisi ini dan mereka juga bisa memenanginya. Semoga kami bisa menggunakan pengalaman kami di dua turnamen terakhir untuk memberi tantangan nyata,” sahut gelandang Filipina, Chris Greatwich, di situs resmi turnamen

“Kami lebih berpengalaman dan kami sekarang tahu apa yang diperlukan dan seperti apa standar tim. Lima tahun lalu kami akan senang dengan hanya memberi tantangan pada tim lain, tapi sekarang kami kecewa cuma ke semifinal,” imbuh James Younghusband.

Bekal positif didapat Filipina jelang Piala AFF. Mereka yang kini dilatih oleh Thomas Dooley itu meraih tiga kemenangan di tiga laga ujicoba terakhir masing-masing melawan Papua Nugini, Nepal, dan Kamboja.

Filipina tergabung di Grup A bersama dengan Indonesia, Laos, dan tuan rumah Vietnam. Filipina akan memulai langkahnya di Piala AFF 2014 dengan menghadapi Laos pada 22 November mendatang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya