SOLOPOS.COM - Ngopi atau ngeteh sambil menikmati keindahan Gunung Lawu di Kayu Arum Coffee di Nava Hotel Tawangmangu, Karanganyar. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Karanganyar mendukung rencana Pemkab mengelar Karanganyar Tourism Great Sale. Namun, PHRI Karanganyar ingin bentuk fasilitas tambahan yang diberikan kepada pelanggan diserahkan kepada masing-masing pemilik usaha.

“Kami mendukung Karanganyar Tourism Great Sale. Tapi untuk fasilitas yang akan diberikan kepada masyarakat nanti terserah masing-masing pemilik usaha. Mau kasih diskon atau mau kasih pelayanan tambahan, itu terserah mereka,” ujar Ketua PHRI Karanganyar, Hardoyo, Jumat (12/11/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya, pelayanan tersebut disesuaikan dengan kondisi masing-masing pelaku usaha wisata mengingat mereka saat ini belum bisa sepenuhnya bangkit dari masa pandemi Covid-19. “Kami PHRI tidak memberikan patokan-patokan pelayanan tambahan dalam Karanganyar Tourism Great Sale karena kondisi mereka di masa pandemi ini berbeda-beda tentunya,” imbuh Hardoyo.

Baca Juga: Asyik, Bakal Ada Tourism Great Sale di Karanganyar, Catat Tanggalnya

Ia mencontohkan restoran-restoran kecil saat ini mungkin terlihat sudah ramai pembeli. Namun pendapatan mereka masih digunakan untuk menutup kerugian/pemulihan selama masa pandemi-Covid-19.

“Tidak semua hotel dan restoran ikut kami [PHRI]. Untuk restoran yang kecil-kecil itu meskipun ramai pembeli, tapi mungkin juga [penghasilannya] dipakai untuk menutup kerugian selama pandemi,” imbuhnya.

Hardoyo berpesan kepada para pelaku usaha wisata agar segera mempersiapkan diri untuk menyambut kembalinya pariwisata di tahun-tahun mendatang. Di antaranya dengan menerapkan aplikasi PeduliLindungi di tempat-tempat usaha mereka.

“Karanganyar Tourism Great Sale adalah pintu untuk menyambut kembalinya pariwisata tahun mendatang. Jadi silakan dipersiapkan,” pesannya.

Baca Juga: Diguyur Hujan, Napak Tilas Joko Songo Karanganyar Jalan Terus

Sebelumnya diberitakan, Pemkab Karanganyar akan menggelar event Karanganyar Tourism Great Sale untuk menggairahkan dunia pariwisata di Bumi Intanpari tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Karanganyar Titis Sri Jawoto mengatakan, Karanganyar Tourism Great Sale akan digelar mulai 19 November hingga 17 Desember 2021.

Ia menjelaskan bahwa saat ini pihaknya terus berbenah mempersiapkan pelaksanaan Karanganyar Tourism Great Sale tersebut. Di antaranya koordinasi dengan pelaku-pelaku usaha wisata seperti perhotelan, restoran, objek wisata, serta pihak terkait lainnya. Ia sangat mengharapkan pelaku-pelaku usaha pariwisata di Karanganyar ikut serta dalam program tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya