SOLOPOS.COM - Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo (tengah), memberikan penghargaan kepada juragan Sop Pak Min Klaten, Tukiman alias Ragil (paling kiri), di Semangkak, Klaten Utara, Rabu (23/2/2022). (Istimewa/Dokumentasi Polres Klaten)

Solopos.com, KLATEN – Salah satu pewaris warung Sop Pak Min Klaten, Tukiman, 46, bercita-cita mengembangkan bumbu Sop Ayam Pak Min Klaten dalam bentuk saset. Dengan cara itu, pelanggan bisa membikin sendiri Sop Ayam Pak Min Klaten dimanapun dan kapanpun.

“Saya pribadi ingin mengembangkan bumbu dalam bentuk saset. Jadi nanti lebih praktis. Tinggal sobek bungkusnya dimasukkan air ditambah daging ayam sudah jadi Sup Ayam Pak Min. Saat ini baru mencari orang yang bisa membuat ekstrak bumbunya,” kata dia saat ditemui di rumahnya Desa Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, Rabu (23/2/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Tukiman merupakan putra bungsu Pak Min. Pria yang akrab disapa Pak Ragil ini mendapat warisan 10 warung cabang Sop Pak Min yang yang tersebar di Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Jawa Barat.

Baca Juga: Sang Seng! Warga Kaligawe Keluhkan Bau Tak Sedap dari TPA Troketon

Ragil dan ketiga kakaknya selama ini terus berupaya mempertahankan kualitas sup yang disajikan. Ragil sendiri secara rutin keliling warung yang dia kelola untuk mengecek kualitas rasa sup.

“Kami mohon maaf, setiap pekan keliling. Saya harus mengetes rasa sendiri dari satu warung ke warung lainnya. Jadi sepekan di rumah, sepekan berikutnya saya keliling 10 cabang. Biar sup yang disajikan rasanya stabil [enak],” urai dia.

Ragil pun mengakui sup tak hanya dinikmati pelanggan lokal. Warga mancanegara pun ketagihan dengan sup tersebut. Terkait memperluas cabang hingga ke luar negeri, Ragil mengaku ada tawaran itu. Hanya saja, dia belum bisa merealisasikan.

“Dulu saya pernah ditawari biro jasa haji untuk buka di sana [Arab Saudi]. Saat musim haji atau umrah ramai. Hanya saja saya belum tahu sistemnya seperti apa. Terutama itu kalau terlalu jauh kesulitan untuk mengontrol cita rasa karena saya harus datang sendiri,” jelas dia.

Baca Juga: Terungkap! Sop Ayam Pak Min Klaten Ditawari Buka Cabang di Luar Negeri

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menjelaskan Sop Ayam Pak Min Klaten menjadi kuliner unggulan Klaten. “Dimanapun di Indonesia kalau menyebut Sop Pak Min pasti ingatnya Klaten. Ini salah satu usaha yang ikut mendorong perekonomian dan mengangkat Klaten. Memang Sop Pak Min Klaten itu legendaris dan enak,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya