SOLOPOS.COM - Suasana Stasiun Yogyakarta, pada Kamis (23/12/2021). (Harianjogja.com/Herlambang Jati Kusumo)

Solopos.com, JOGJA — Seorang petugas kebersihan atau cleaning service di Stasiun Tugu, Kota Jogja, menemukan tas milik penumpang yang ketinggalan. Tas berisi uang puluhan juta rupiah itu kemudian dikembalikan kepada pemiliknya.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, mengatakan kejadian petugas cleaning service menemukan tas berisi uang itu terjadi pada Sabtu (21/1/2023). Petugas kebersihan yang menemukan itu bernama Sudayanto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat itu, Sudaryanto menemukan tas berwarna hitam milik calon penumpang tertinggal di dekat check in counter Stasiun Tugu.

“Saat kejadian, stasiun memang sedang dipadati oleh calon penumpang libur panjang Imlek,” jelas dia, Sabtu (22/1/2023).

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah menemukan tas itu, petugas kebersihan itu langsung melaporkannya ke pos pengamanan. Kemudian petugas pengamanan menindaklanjutinya dengan pendataan serta mengumumkan temuan tersebut melalui annauoncer di stasiun.

Setelah dibuka ternya tas itu berisi uang sejumlah Rp44 juta dan telepon seluler. Sekitar 40 menit dari pengumuman, pemilik tas datang ke pos pengamanan untuk mengambil barangnya yang tertinggal.

Franoto mengimbau kepada seluruh penumpang KAI untuk selalu menjaga keamanan barang bawaan masing-masing. Terlebih pada saat momen ramai seperti sekarang ini.

“Ada saja kejadian barang bawan yang tertinggal, terlebih saat kondisi stasiun cukup padat seperti di libur panjang akhir pekan ini dan penumpang merasa tergesa-gesa masuk peron atau kereta api,” kata dia.

Menurut dia, penumpang memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk menjaga barang bawaan mereka meskipun keamanan di stasiun dan kereta api cukup bagus dan setiap barang bawaan penumpang yang tertinggal akan dijaga dengan baik oleh petugas.

“Meskipun tingkat keamanan yang diberikan KAI Daop 6 sudah baik, penumpang harus tetap waspada dan fokus dalam menjaga barang bawaannya,” katanya.

Bagi penumpang yang merasa kehilangan barang bawaan dapat langsung menghubungi petugas, antara lain kondektur yang sedang berdinas di atas kereta api maupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.

Pada libur panjang akhir tahun, Daop 6 Yogyakarta juga mengamankan dan mengembalikan 21 barang milik penumpang yang tertinggal di stasiun maupun kereta, di antaranya laptop, telepon selular, tablet, smart watch, dompet dan lainnya dengan nilai sekitar Rp74 juta.

“Pada masa peak season memang volume penumpang meningkat drastis, sehingga kami imbau sekali lagi agar pelanggan tidak lengah. Kami juga mengingatkan agar para pelanggan membawa barang secukupnya dan usahakan dalam satu tempat, misalnya koper atau ransel,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya