SOLOPOS.COM - Kentang varietas chitra (Sumber: Pertanian.go.id)

Solopos.com, MAGELANG — Petani di lereng Merbabu, Dusun Kenangkan, Desa Kragilan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang sukses dengan program budi daya kentang varietas Chitra. Kentang ini memiliki tekstur lembut yang antihama dan harga jual sangat menjanjikan untuk pasar ekspor ke berbagai negara Asia.

Mengutip Beritamagelang.id, Selasa (29/6/2021), Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpangan) Kabupaten Magelang menyatakan pengembangan pertanian khususnya kentang juga merupakan upaya menjaga ketersediaan pangan di masa pandemi Covid-19

Promosi Peringati Hari Raya Nyepi, BRI Peduli Bagikan 1.000 Paket Sembako di Bali

Pada awal pandemi, permasalahan pada sektor pertanian mengalami ketidakpastian pada pasar. Namun karena selalu mendorong pengembangan produk dan Kerjasama dengan berbagai pihak, permasalahan pasar itu dapat teratasi.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Wawan Geni Bermodal Obat Nyamuk Bakar Bikin Lukisan Borobudur

Budi daya tanaman kentang seluas 14 hektare dan 13 hektare ini merupakan kerja sama dengan sebuah badan usaha laboraturium pembibitan asal Garut, Jawa Barat. Dalam kerja sama ini, petani mendapatkan kepastian sarana prasarana hingga pemasaran.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, yang juga hadir di Desa Kragilan itu juga diharapkan dapat memberikan motivasi agar petani kentang berkembang dan mendapatkan kesejahteraan. Area tanaman kentang di Kabupaten Magelang tahun 2020 silam mencapai 530 ha dan tersebar di lereng Gunung Merbabu dan Sumbing. Dalam kesempatan itu juga, Bupati Garut sangat kagum setelah melihat langsung tanaman  kentang kelompok tani di Desa Kragilan tersebut.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Lestari Dusun Kenangkan, Bagio mengatakan saat ini kendala yang ada adalah cuaca yang tidak pasti. Dirinya mengungkapkan, saat ini seharusnya sudah musim kemarau, tapi hujan masih deras.

Baca Juga : Desa Sentra Kerajinan Tanduk Masih Eksis di Magelang

Kondisi itu berpengaruh terhadap serangan hama pada semua jenis tanaman pertanian. Meski demikian kelompok tani yang beranggotakan 45 orang ini optimistis hasil panen akan melimpah. Dikatakan Bagio, untuk saat ini harga jual kentang varietas Citra lebih stabil dan menguntungkan yakni Rp7.000/kg untuk semua ukuran.

Semua kentang itu dijual ke pengepul yang kemudian dikirim ke Garut untuk diekspor ke luar negeri. Sebagai perbandingan, harga jual kentang pilihan ukuran besar di pasar lokal tertinggi Rp6.000/kg. Sedangkan untuk ukuran kecil sekitar Rp3.000-4.000/kg.

Sementara itu, mengutip dari situs Litbang.pertanian.go.id, kentang varietas Chitra ini dikenal dengan tingkat produktivitas yang tinggi. Selain itu kentang jenis ini juga memiliki kandungan rendemen  yang tinggi sehingga sangat cocok jika diolah menjadi keripik. Jenis kentang yang juga dikenal sebagai kentang varietas median ini juga hasil inovasi dari Badan Penelitian Pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya