[ X ] CLOSE

Peta 112 Daerah Zona Hijau Covid-19, Wonogiri dan Pekalongan Masuk

Sebanyak 112 daerah atau kabupaten/kota di Indonesia masuk dalam zona hijau, termasuk Wonogiri dan Kabupaten Pekalongan.
Peta 112 Daerah Zona Hijau Covid-19, Wonogiri dan Pekalongan Masuk
SOLOPOS.COM - Ilustrasi tim medis yang menangani kasus Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Sebanyak 112 daerah atau kabupaten/kota di Indonesia masuk dalam zona hijau. Demikian catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terkait peta zonasi risiko penyebaran virus Corona di sejumlah daerah di Indonesia per 21 Juni 2020.

Selain itu, terdapat 188 daerah masuk dalam kategori zona kuning, 157 zona oranye, dan 57 kabupaten/kota masuk zona merah. Status zona-zona tersebut telah menjadi standar baru yang dikejar pemerintah daerah untuk bisa memulai status new normal.

PPDB Jateng: SMA di Solo Kebanjiran Berkas SKD, Terbanyak SMAN 4

Kabupaten/kota yang masuk dalam zona hijau terdiri atas 74 kabupaten/kota belum terdampak Covid-19 dan 38 lainnya selama empat minggu terakhir tidak terjadi penambahan kasus positif baru. Untuk perinciannya bisa diakses melalui laman covid19.go.id/peta-risiko.

Sementara itu Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan empat langkah dalam proses adaptasi new normal. Hal itu terkait kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Jokowi Minta Jatim Tak Asal New Normal

Keempat langkah tersebut yakni prakondisi, timing, prioritas, koordinasi pusat dan daerah, dan monitoring serta evaluasi. Hal ini juga terkait status kabupaten/kota, apakah zona hijau, kuning, oranye, atau merah.

"Untuk adaptasi kebiasaan baru tersebut ada sebuah dashboard yang dapat diakses oleh publik dan pimpinan daerah. Dalam rangka melihat kondisi kasus yang ada di setiap daerah, baik itu risikonya rendah, sedang, tinggi, atau tidak terdampak," ujar Wiku dalam konfensi pers di Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Kota Madiun Bolehkan Pesta Pernikahan, Tamu Dilarang Dekati Pengantin

Di Jawa Tengah, baru ada dua daerah yang sudah berstatus zona hijau dalam daftar tersebut. Kedua daerah tersebut adalah Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pekalongan.

Peta Zonasi Risiko Daerah dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan skoring dan pembobotan. Indikator yang digunakan adalah indikator epidemiologi, indikator surveilans kesehatan masyarakat, dan indikator pelayanan kesehatan.

Covid-19 Mengancam, Angka Pernikahan di Kota Semarang Anjlok



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago