SOLOPOS.COM - Orang tua dan anak bermain air di kompleks Wisata Air Soka Nandi Desa Sambiroto, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Rabu (20/7/2022). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Desa Sambiroto, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri memiliki potensi destinasi wisata air yang mempesona. Tempat itu menyimpan sumber mata air yang dapat dikembangkan menjadi wisata air baru di Wonogiri.

Pemerintah Desa (Pemdes) Sambiroto sudah mencoba mengembangkan potensi tersebut. Hal itu tampak pada pembangunan gapura masuk bertuliskan Wisata Air Soka Nandi Sambiroto.

Promosi Pegadaian Area Surabaya 2 Gelar Festival Ramadan 2024 di 2 Lokasi

Di sisi barat sumber mata air juga telah terbangun kolam renang anak. Ditambah, terdapat kolam air dengan luas 50 meter x 30 meter yang telah terbangun sejak 1950-an. Kedalaman kolam 1,5 meter hingga 3 meter.

Di kolam tersebut, Pemdes menyediakan tiga perahu bebek untuk disewakan. Tarif menyewa satu perahu hanya Rp10.000 per 15 menit.

Di tepi sebelah utara kolam, terbangun dua gazebo yang biasa digunakan untuk bersantai para pengunjung. Sementara aneka jenis ikan tawar hidup di dalamnya. Di sebelah utara area wisata, terbentang luas persawahan.

Baca Juga: Rute Bukit Cumbri Wonogiri, Pesona Alam di Perbatasan Jateng-Jatim

Pantauan Solopos.com, Rabu (20/7/2022) sore, terdapat beberapa pengunjung yang datang ke Wisata Air Soka Nandi. Anak-anak berenang di kolam renang anak. Di tepi kolam besar, orang tua beserta anaknya tampak bermain air sembari memberi makan ikan-ikan. Hanya segelintir orang yang berenang di sana.

Kepala Desa (Kades) Sambiroto, Sukatmo, mengatakan Wisata Air Soka Nandi berdiri di tanah kas desa. Wisata ini masih perlu banyak pengembangan.

Pemdes belum menarik retribusi bagi para pengunjung. Pemdes menilai pengunjung di Wisata Air Soka Nandi belum layak dimintai retribusi.

“Wisata ini masih perlu pengembangan lagi. Tidak hanya anggaran yang harus disiapkan. Tapi juga sumber daya manusia (SDM). Kesadaran orang-orang mengurusi Soka Nandi masih rendah. Tak banyak yang mau terjun ke sini,” kata Sukatmo kepada Solopos.com di area Wisata Soka Nandi, Rabu (20/7/2022).

Baca Juga: Mak Nyes! Ini Deretan Wisata Air Terjun di Wonogiri

Rencananya, Pemdes membangun kolam renang di sebelah utara kolam ikan saat ini. Sayangnya, hal itu masih terkendala anggaran.

Tempat tersebut sudah pernah dikaji tim dari Universitas Sebelas Maret perihal masterplan Wisata Air Soka Nandi. Hal itu yang akan menjadi pijakan pemdes dalam pengembangan wisata.

“Kolam renang kecil untuk anak-anak itu akan kami pindahkan. Di sana ternyata banyak ranting dan daun pohon trembesi yang jatuh ke kolam. Itu membuat kolam jadi kotor dan harus menguras setiap dua hari sekali. Cost-nya terlalu boros. Makanya, kami beri atap dari seng,” jelas Sukatmo.

Pemdes membuka seluas-luasnya bagi siapa saja yang mau menjadi investor Wisata Air Soka Nandi. Pengembangan wisata tersebut membutuhkan banyak anggaran, yaitu mencapai Rp2 miliar. Saat ini pemdes belum mampu mengalokasikan anggaran dengan nilai nominal tersebut.

Baca Juga: Lezat Melegenda, Ini Resep Rahasia Bumbu Sate Bu Sum Girimarto Wonogiri

Selain akan menambah pendapatan asli desa, pengembangan wisata ini juga digadang-gadang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Saat ini saja, di area luar Wisata Air Soka Nandi berjejer stan pedagang yang menjajakan berbagai kuliner,” katanya.

Salah satu pedagang kuliner, Sentot, mengatakan sejak pandemi area luar wisata menjadi semacam taman kuliner. Sedikitnya ada tujuh stan makanan di sana. Itu belum ditambah para pedagang kaki lima yang kerap mangkal di sisi utara stan.

“Saya dulu sopir bus, truk, sopir apa saja. Terus terdampak pandemi. Pemdes Sambiroto mengizinkan area luar wisata dijadikan taman kuliner. Sejak awal pandemi saya jadi sini. Bahkan pedagang lain yang mulanya perantauan, terus jadi berdagang di sini. Alhamdulillah bisa mencukupi hidup,” kata Sentot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya