Pesona Curug Sibedil Dilingkupi Misteri Suara Tembakan dari Batu

Menurut cerita sesepuh desa, konon setiap malam malam Jumat kliwon selalu terdengar suara tembakan dari batu tersebut.
Pesona Curug Sibedil Dilingkupi Misteri Suara Tembakan dari Batu
SOLOPOS.COM - Curug Sibedil. Kabupaten Pemalang (Instagram/@infopemalang.id)

Solopos.com, PEMALANG — Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, yang dikelilingi pegunungan seolah tidak ada habis-habisnya menyajikan panorama keindahan alam dan kesejukan udara kepada wisatawan. Salah satunya adalah panorama di Curug Sibedil yang menawarkan pesona air terjun berjejer rapi dikelilingi pepohonan hijau.

Di dekat air terjun, terdapat kolam berwarna biru kehijauan dan aliran sekitarnya juga berwarna kehijauan. Di kolam tersebut, wisatawan dapat berenang atau bermain air. Dilansir dari Okezone.com, Sabtu (30/10/2021), membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan untuk sampai ke Curug Sibedil dari pusat Kabupaten Pemalang.

Sedangkan untuk masuk ke Objek Wisata Curug Sibedil, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000 untuk tiket masuk dan parkir Rp2.000. Selanjtnya, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 200 meter melewati pemukiman warga, jembatan merah dan menuruni anak tangga cukup curam dan licin. Untuk menikmati derasnya debit air yang dihasilkan oleh Curug Sibedil, hindari berkunjung saat musim kemarau karena debit airnya kecil.

Baca Juga: Tapioka Pati Rahasia Bakul Tahu Aci di Soloraya, Ini Keistimewaannya

Wisata ini juga menyediakan fasilitas umum, seperti toilet dan warung makan yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Semua fasilitas tersebut masih dikelola secara swadaya oleh warga setempat, sehingga dari sisi pengembangan masih terhalang biaya.

Tempat ini juga memiliki udara yang sejuk sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk menghilangkan rasa penat. Tempat ini buka pukul 07.00 WIB-17.00 WIB. Selain menikmati keindahan alamnya yang masih asri, kebersihan juga harus diperhatikan oleh siapapun.

Ketinggian aliran air di curug ini hanya sekitar 10 meter, sehingga debit airnya tidak terlalu besar. Namun daya tarik Curug Sibedil terletak pada jumlah air terjunnya, yang berjejer rapi dari ukuran kecil hingga besar. Selain itu, penduduk lokal juga terkenal sangat ramah kepada pengunjung yang datang.

Baca Juga: Bunga Bangkai Tumbuh di Pemalang, Bau Busuk & Dikerubuti Lalat

Nama Curug Sibedil muncul karena di sekitar sini terdapat batu berbentuk moncong senapan. Menurut cerita sesepuh desa, konon setiap malam malam Jumat kliwon selalu terdengar suara tembakan dari batu tersebut. Namun demikian, belakangan suara senapan gaib tersebut sudah tak pernah terdengar lagi. Bedil dalam bahasa Jawa memiliki arti senjata tembak, oleh karena itu penamaan Sibedil ini berdasarkan pada cerita sesepuh tersebut.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago