SOLOPOS.COM - Pemandangan Gunung Lawu dari Bukit Mongkrang, Tawangmangu, Karanganyar. (Instagram/@ja.faarr)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pesona keindahan pemandangan alam di sekitar Bukit Mongkrang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, sedang menyedot perhatian. Tempat ini belakangan menjadi tujuan baru bagi para pencinta alam, khususnya mereka yang baru mulai pendakian selain ke Gunung Lawu.

Tempat ini berada di ketinggian sekitar 2.194 mdpl. Hawa sejuk dan keindahan alamnya akan membuat siapapun takjub.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sepanjang jalan mendaki ke puncak, Anda akan disuguhi pemandangan padang ilalang yang dapat dijadikan spot foto. Hal ini menjadi salah satu keunikan jalur pendakian Bukit Mongkrang, Karanganyar, karena tidak ada pepohonan di sekitarnya.

Baca juga: Motor Naik Bukit Mongkrang, Jip Masuk Hutan Gunung Lawu, Perhutani: Stop! Semua Aktivitas Harus Berizin

Padang ilalang berwarna hijau kekuningan itu sangat mendukung sebagai latar belakang foto. Selain itu pesona bukit ini adalah jalan setapak berliku dengan latar pegunungan di sekitarnya.

Pendaki bisa melihat dengan jelas Gunung Lawu yang tinggi menjulang sertaa kepulan asap belerang dari Kawah Candradimuka dari bukit ini.

Baca juga: Wow! Taman Masjid Agung Karanganyar Gunakan Puluhan Jenis Tanaman Hias

Lokasi

Bukit Mongkrang berlokasi di Tlogo Dringo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Rute perjalanan paling mudah ditempuh dari arah Karanganyar maupun Matesih.

Selanjutnya Anda bisa menempuh perjalanan hingga ke pos pendakian Gunung Lawu di Cemara Kandang. Butuh waktu sekitar satu jam mendaki ke puncak Bukit Mongkrang Kaaranganyar dari Cemara Kandang.

Baca juga: Curhat Bakul Gorengan di Karanganyar, Harga Minyak Goreng Kemasan Mahal

Tiket masuknya cukup terjangkau, sekitar Rp10.000/orang. Jika ingin berkemah, maka harga tiketnya sebesar Rp15.000/orang.

Jika Anda memiliki rencana berkemah di sana, pastikan membawa perlengkapan sendiri demi menjaga kebersihan. Selain itu jangan membuat api unggun maupun membuang puntung rokok sembarangan. Kondisi bukit yang diselimuti ilalang itu membuatnya rawan terbakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya