SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, SUKOHARJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo menyiapkan doorprize berupa satu unit sepeda motor untuk menarik masyarakat agar mengikuti program vaksinasi Covid-19. Hal ini untuk menarik minat masyarakat agar mengikuti vaksinasi yang digenjot selama 2,5 bulan pada 24 Maret-31 Mei 2022.

Sebagai informasi, capaian vaksinasi booster di Sukoharjo per 24 Maret sebanyak 116.781 orang atau sekitar 16,23 persen. Angka ini masih jauh di bawah target populasi vaksinasi booster di Sukoharjo yakni 719.754 orang. Sementara capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 569.809 orang atau sekitar 79,17 persen dan dosis kedua sebanyak 531.188 orang atau sekitar 73,80 persen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Guna menggenjot capaian vaksinasi, Pemkab Sukoharjo menyediakan doorprize berupa satu unit sepeda motor saat pelaksanaan vaksinasi massal mulai 24 Maret-31 Mei 2022. Kegiatan vaksinasi dilaksanakan di fasilitas kesehatan (faskes) dan balai desa untuk mendekatkan dan memudahkan masyarakat.

Baca juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis II untuk Anak Sukoharjo Lampaui 79%

“Selain mengikuti vaksinasi selama periode 24 Maret-31 Mei, syarat lainnya adalah warga Sukoharjo yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP) Sukoharjo. Untuk lokasi vaksinasi di faskes, kantor camat, balai desa, maupun gedung serbaguna untuk mendekatkan dengan masyarakat,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Bejo Raharjo, saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (25/3/2022).

Menarik Minat Masyarakat

Akselerasi percepatan vaksinasi itu kali pertama digeber di Gedung Serbaguna Mayang di Kecamatan Gatak pada 24 Maret 2022. Kemudian, dilanjutkan di faskes dan balai desa/kelurahan di wilayah Kecamatan Sukoharjo. Selanjutnya, kegiatan vaksinasi massal bakal difokuskan di Gedung Serbaguna di Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, pada akhir Mei.

Rencananya, pengundian kupon berhadiah satu unit motor dilakukan pada 3 Juni mendatang. “Kami ingin menarik dan menggugah minat masyarakat agar mengikuti vaksinasi Covid-19. Capaian vaksinasi perlu ditingkatkan baik dosis pertama, kedua maupun booster,” ujar dia.

Baca juga: Masih Jauh dari Target, Segini Capaian Vaksinasi Booster di Sukoharjo

Kepala Puskesmas Sukoharjo, Kunari Mahanani, menyatakan pemerintah telah mengalokasikan kuota vaksin ke setiap kelompok sasaran penerima vaksin. Misalnya, petugas pelayanan publik, lanjut uaia (lansia), pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta pedagang tradisional. Masyarakat yang belum disuntik vaksin booster tak perlu khawatir tak mendapat jatah vaksin.

Satgas Tingkat Kecamatan Sukoharjo telah beberapa kali menggelar kegiatan vaksinasi massal di pasar tradisional. Kegiatan itu menyasar pedagang, juru parkir (jukir), dan pengayuh becak.

“Peran serta masyarakat begitu penting dalam pengendalian pandemi Covid-19. Protokol kesehatan tetap dijalankan kendati telah disuntik vaksin booster terutama disiplin memakai masker,” kata dia.

Baca juga: Pengin Mudik Lebaran? Presiden: Vaksinasi Booster Dulu Ya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya