SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelamar CPNS. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Panitia ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Karanganyar akan tetap melayani peserta ujian yang terkonfirmasi Covid-19. Hal tersebut sebagai langkah untuk menjaga hak peserta mendapatkan perlakuan yang adil.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karanganyar, Suprapto, mengatakan kebijakan tersebut merupakan aturan dari pusat. Namun, untuk mengantisipasi persebaran Covid-19 di lokasi ujian, panitia sudah merencanakan skema bagi peserta tes CPNS yang terkonfirmasi Covid-19. Salah satunya peserta diwajibkan melaporkan kondisi kesehatannya maksimal sehari sebelum pelaksanaan ujian.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Aksi Pencuri Gasak 2 Tabung Gas Melon di Pedan Klaten Terekam CCTV

“Sesuai aturan yang diedarkan ke kami, peserta tetap bisa mengikuti ujian meskipun terkonfirmasi Covid-19. Mereka yang terkonfirmasi Covid-19 diwajibkan melaporkan ke kami terkait itu maksimal H-1. Setelah itu, akan kami rekomendasikan untuk mendapatkan penjadwalan ulang karena berhalangan hadir akibat terkonfirmasi Covid-19,” ungkap dia kepada Solopos.com, Rabu (1/9/2021).

Selain berdasarkan laporan, panitia tes CPNS juga akan melakukan skrining medis di lokasi ujian saat hari pelaksanaan. Peserta yang diketahui terkonfirmasi Covid-19 di lokasi ujian akan diisolasi di ruang khusus dan tetap bisa mengikuti ujian didampingi tenaga kesehatan. Selain memberikan hak yang sama, langkah tersebut untuk mengantisipasi persebaran Covid-19 di lokasi ujian.

“Kami sudah menentukan lokasi ujian dan ruang khususnya. Selain prokes ketat, kalau ada yang positif dan dipindah ke klinik kemudian dokter mengatakan masih boleh ikut ujian kami persilakan. Intinya tetap kami layani sambil menjaga keamanan peserta ujian lainnya,” imbuh dia.

Baca Juga: Bus untuk Layanan Transportasi Atlet PON XX Tiba di Jayapura Papua

Terkait tes SKD, Suprapto menjelaskan, dijadwalkan ujian akan diselenggarakan selama dua hari pada Selasa dan Rabu (21-22/9/2021). Nantinya panita CPNS Karanganyar akan melaksanakan ujian di Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) sesuai rencana awal. Terkait penghapusan syarat membawa hasil uji antigen atau PCR, pihaknya masih belum menerima informasi lanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya