SOLOPOS.COM - Narasumber pada acara sharing session Solopos Youth Forum di Convention Hall Terminal Tirtonadi Solo, Selasa (25/10/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko)

Solopos.com, SOLO – Sesi tanya jawab acara Solopos Youth Forum di Convention Hall Terminal Tirtonadi yang dihadiri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Selasa (25/10/2022), diwarnai curhatan dari seorang peserta yang mengaku pernah mengalami pelecehan seksual.

Peserta tersebut bernama Mela, mahasiswa Univesitas Sebelas Maret (UNS) Solo, mengaku pernah mendapatkan pengalaman tidak menyenangkan bertemu dengan eksibisionis saat perjalanan pulang ke rumah indekos bersama temannya pada malam hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pelaku eksibisionis itu, menurut Mela, tidak hanya menunjukkan alat kelamin seperti umumnya eksibisionis. Namun, pelaku juga mengejar Mela dan teman-temannya sehingga membuat mereka ketakutan dan meminta perlindungan warga setempat.

Menanggapi curhatan peserta Solopos Youth Forum tersebut, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, mengaku sering mendapatkan laporan kejadian serupa dari warga. Gibran bahkan sampai hafal kendaraan yang dipakai terduga pelaku eksibisionis itu.

Selanjutnya Gibran berpesan agar mahasiswa dan kaum perempuan pada umumnya tidak bepergian malam hari, apalagi sendirian. Sedangkan bagi mereka yang sudah pernah mendapatkan pengalaman bertemu eksibisionis atau pelecehan seksual agar tidak ragu untuk melapor ke dirinya.

Baca Juga: Solopos Youth Forum, Anak Muda Ideal menurut Gibran: Leluasa Berkreasi

“Teman-teman bisa DM [direct message] ke saya, nanti ditindaklanjuti. Tidak usah takut, saya senang tadi ada yang berani speak up. Tenang saja, untuk Kota Solo kejadian akan terekam CCTV,” ujarnya.

Sharing Session

Acara sharing session Solopos Youth Forum yang dipandu Presiden Direktur Solopos Media Group, Arif Budisusilo, dan Edupreneur Solo, Astrid Widayani, itu dihadiri pula oleh KGPAA Mangkunagoro X. Sedangkan Menteri BUMN Ercik Thohir berhalangan hadir dan menyapa peserta melalui video.

Begitu juga dengan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, yang menyampaikan materi melalui rekaman video. Acara Solopos Youth Forum yang diadakan di Terminal Convention Hall Solo diikuti lebih dari 1.000 peserta dari kalangan anak-anak muda.

Baca Juga: Pagi Ini Solopos Youth Forum Siap Gemparkan Terminal Tirtonadi Convention Hall

Selain sharing session ada booth game atau kuis berhadiah. Kuis berhadiah itu antara lain teka teki silang atau TTS jumbo dan interactive center. Selain kedua kuis berhadiah itu, para peserta juga bisa menjajal sebagai anchor atau pembaca berita.

Tal hanya itu, penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Bidang Kesehatan Triana Rahmawati; Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Tokopedia Astri Wahyuni, dan narasumber keren lain turut berbagi motivasi dalam acara ini.

Acara didukung Kominfo, Astra, Sharp, Tokopedia, Galeri24, Epson, Bank Jateng, Bank Mandiri, Astra Honda Motor, Telkomsel, Prodia, Cheers, dan Telkom ini juga dimeriahkan penampilan penyanyi muda, Damara De. Penyanyi cantik asal Sleman, Yogyakarta, ini sering mengunggah tembang-tembang easy listening berbahasa Jawa di kanal Youtube.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya