SOLOPOS.COM - Pesawat latih TNI AU yang jatuh di sawah di Keluarahan Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo Kota, Selasa (12/8/2014), ditutup dengan terpal hitam. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Jatuhnya pesawat latih ringan milik TNI AU di Dukuh Sukodayoh, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo Kota, sempat mengejutkan warga sekitar. Warga setempat mendengar dua kali ledakan keras sebelum mengetahui ada pesawat latih yang jatuh di sawah.

Belum ada keterangan resmi dari pihak Lanud Adi Soemarmo maupun Polres Sukoharjo tentang penyebab pasti kejadian ini. Reporter Solopos TV, Aji Tulus Pamungkas, melaporkan pesawat latih tersebut diterbangkan oleh dua orang dalam rangka latihan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pesawat latih tersebut terbang dari Lanud Adi Soemarmo pada 11.00 WIB. Namun pada pukul 11.30 WIB, pesawat tersebut mengalami gangguan. Hingga akhirnya sekitar pukul 12.30 WIB, awak pesawat tersebut memutuskan untuk mendarat darurat di lahan persawahan tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Akibatnya, hidung pesawat menukik ke tanah. Menurut keterangan Muchlis, anggota tim SAR yang berada di lokasi kejadian, kedua awak pesawat mengalami luka-luka. Keduanya telah dievakuasi ke Lanud Adi Soemarmo.

Tim SAR sudah menerjunkan 10 orang di lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban. Dua mobil pemadam kebakaran (damkar) juga bersiaga di lokasi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Meski demikian, tidak ada ada tanda kerusakan fisik yang berarti di badan pesawat. Juga tidak ada tanda bekas ledakan atau kebakaran meskipun sebelumnya terdengar ledakan keras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya