PESAWAT ASING : Bandara Adisutjipto Heboh, Pesawat Asing Batal Terbang

SHARE
PESAWAT ASING : Bandara Adisutjipto Heboh, Pesawat Asing Batal Terbang
SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Harianjogja.com, SLEMAN—Bandara Adisutjipto dihebohkan dengan kabar bakal didaratkannya pesawat milik Saudi Arabia Airlines (SAA) yang tidak memiliki izin terbang di wilayah Indonesia.

Puluhan personel Landasan Udara Adisutjipto sudah siap memaksa turun pesawat jet Gulfstream HZ108 milik SAA, Rabu (12/11/2014).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Setelah ditunggu sekitar tiga jam, pesawat yang rencananya terbang dari Bandara Changi Singapura menuju Darwin, Australia itu batal terbang dari Changi karena sudah mendapat peringatan dari pertahanan Indonesia.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

“Sengaja menyiapkan kekuatan untuk persiapan pendaratan jika pesawat itu [SAA] memaksa airborne [terbang dari Changi],” ujar Danlanud Adisutjipto Jogja, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Yadi I. Sutanandika.

Sutanandika menjelaskan informasi adanya rencana penerbangan ilegal itu didapatkan melalui data Kohanudnas sesuai dengan flight plan seluruh rute di Indonesia.

Flight plan kemarin, rute yang dipilih SAA tidak memenuhi persetujuan dari Kementerian Pertahanan dan belum mengantongi persetujuan Kementerian Luar Negeri.

Karena itu, pertahanan Indonesia tidak memberikan persetujuan terbang saat itu juga kepada Gulfstream milik SAA. SAA sebelumnya juga bermasalah. Pesawat Gulfstream mereka diturunkan paksa pesawat tempur Sukhoi di Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 3 November lalu.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago