SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat Airbus 320-200 milik maskapai penerbangan Airasia (Youtube)

Pesawat Airasia ditemukan di Teluk Kumai. KRI Bung Tomo melanjutkan pencarian seusai mendeteksi objek diduga bodi Airasia QZ8501.

Solopos.com, PANGKALAN BUN – Sonar Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo berhasil mendeteksi objek diduga bodi Airasia QZ 8501, Rabu (31/12/2014) malam. Lokasinya berada di sektor V tak jauh dari lokasi jasad penumpang dan serpihan pesawat Airasia ditemukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pukul 20.35 WIB, KRI Bung Tomo menemukan kontak sonar, diduga bangkai kapal Airasia,” kata Komandan Gugus Keamanan Laut Barat (Dangus Kamlabar) yang bertugas sebagai Komandan Search and Rescue (SAR) Laut, Laksma Abdul Rasyid di KRI Banda Aceh, Kamis (1/1/2014), seperti disiarkan Metro TV.

Dilansir Detik, KRI Bung Tomo menemukan respons sonar itu 2 mil dari KRI Banda Aceh. Sejumlah kapal merapat ke lokasi KRI Bung Tomo untuk memastikan objek itu adalah si burung besi yang dicari-cari. “Lokasi [kontak sonar] dekat penemuan jenazah, berjarak 2 mil dari sini [KRI Banda Aceh], kedalaman 30 meter,” ujar Abdul.

Abdul menambahkan jasad antarkorban yang sudah ditemukan sekitar 5-20 nautical mile. Di hari kelima pencarian dan evakuasi ini, jarak korban diduga semakin menyebar. “Dari hilang kontak terakhir di radar sampai penemuan korban, berjarak sekitar 50 nautical mile,” tutup Abdul.

Komandan KRI Bung Tomo, Letkol TNI AL Ashari, mengatakan timnya akan segera mencari sumber yang terdeteksi sonar itu.

“Kapal perang mampu operasi underwater. Peralatan yang kita punya salah satunya mampu mencari kapal selam dapat juga digunakan mendeteksi Airasia,” kata Ashari menerangkan teknologi Sonar seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Kamis.

Namun, dia mengakui dalam evakuasi pesawat Airasia hilang tak mudah. Cuaca yang buruk dan ombak yang tinggi memaksa para personel memutar otak. “Hanya evakuasi punya teknik sendiri tergantung cuaca. Tidak bisa asal mencari,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya