SOLOPOS.COM - Pesangrahan Pracimoharjo. (Facebook/Sejarahjogjakarta)

Solopos.com, BOYOLALI — Di tiap daerah kebanyakan memiliki tempat dan bangunan bersejarah peninggalan orang-orang atau kerajaan terdahulu. Seperti di Boyolali yang terdapat bangunan peninggalan Kerajaan Mataram yakni Pesanggrahan Pracimoharjo Boyolali.

Pesanggrahan ini berlokasi di Desa Paras, Kecamatan Cepogo. Peninggalan ini memiliki nilai histori tinggi. Pesanggrahan Pracimoharjo didirikan oleh Pakubuwono IV pada 1803 hingga 1804.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Ini Wujud Sendang di Pertapaan Bancolono yang Dipakai Brawijaya V Mandi

Pada masa pemerintahan Pakubuwono X, tempat ini dikembangkan menjadi lebih artistik dan mewah. Keberadaan Pesanggarahan Pracimoharjo di Boyolali menjadi daya tarik masyarakat sekitar. Pengaruh tradisi dan budaya Keraton Solo dianggap masih kental.

Dikutip dari laman Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Pesanggrahan Raja Mataram ini pernah digunakan menjadi markas Tentara Pembela Tanah Air (Peta) pimpinan Jendral Slamet Riyadi pada 1948. Namun, saat agresi militer Belanda, kompleks Pesanggrahan ini dibakar agar markas Peta tidak direbut Belanda.

Saat ini yang tersisa dari pesanggrahan ini yaitu Sanggar Pamelangan, sumur kuno, bekas air mancur, rumah pesanggrahan, tugu pojok, gapura masuk di empat penjuru mata angin, dan beberapa sisa struktur dan pagar keliling

Baca Juga: Sosok Amangkurat I, Raja Mataram yang Dikenal Kontroversial dan Kejam

Selain menjadi markas Peta, pesanggrahan ini juga menjadi petilasan salat Sri Susuhan Pakubuwono X dan tempat pertemuan dengan Pangeran Diponegoro. Memiliki bangunan yang megah, pesanggrahan ini dulunya seperti miniatur keraton karena terdapat pendapa, tamansari lengkap dengan keputennya,  dan dalem ageng.

Pesanggarahan Pracimoharjo di Boyolali ini digunakan Pakubuwono X untuk tetirah atau istirahat sejenak saat melakukan perjalanan panjang di sekitar lereng Gunung Merapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya