Pesan Iduladha Jokowi: Sederhana namun Tetap Khidmat

Jokowi berpesan meski Iduladha dilakukan sederhana namun tidak mengurangi rasa khidmat.
Pesan Iduladha Jokowi: Sederhana namun Tetap Khidmat
SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah tahun ini kembali dilakukan dengan sederhana. Kasus positif Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia memaksa rangkaian Iduladha tidak dilakukan guna mencegah persebaran Covid-19.

“Hari Raya Iduladha tahun ini kita peringati secara sederhana dengan tetap mematuhi prokes, namun tidak mengurangi kekhidmatan rasa syukur, dan segala puji bagi Allah SWT,” ujar Jokowi dalam video yang disiarkan secara daring, Senin (19/7/2021).

Iduladha, kata Jokowi, mengandung pesan-pesan mulia terutama pesan pengorbanan dan kemanusiaan. “Juga pesan universal yang teap aktual dan jadi pegangan saat bangsa dan negara hadapi pandemi seperti sekarang,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Rekor! Hari Ini 1.338 Orang Meninggal Akibat Covid-19

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla, mengimbau agar pelaksanaan ibadah Iduladha dapat dilaksanakan di rumah dengan keluarga yang berdomisili di rumah yang sama.

“Sebenarnya tidak ada yang hilang karena fungsi-fungsi [ibadah di] masjid, atau apa yang kita lakukan di masjid, salat, berdoa, berdzikir semua bisa dilakukan di rumah,” kata JK.

“Jadi sebenarnya tidak ada yang hilang dari ibadah kita. Jadi tidak perlu dikhawatirkan masalah ibadah. Hanya masalah kekhawatiran adanya penularan-penularan. Dan dari segi agama itu juga harus kita jaga supaya tidak menimbulkan [bahaya],” ungkap Jusuf Kalla.

Baca Juga: Mobil Vs Truk Tronton di Jalur Pantura, 4 Orang Meninggal

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago