SOLOPOS.COM - Penyebab ukuran perut wanita hamil berbeda-beda. (Instagram/@raffinagita)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah penyebab yang menentukan besar kecilnya ukuran perut ibu hamil seperti Lesti Kejora. Ya, belum lama ini, Lesti Kejora jadi sorotan saat tampil foto bareng para rekan sesama artis yang sedang berbadan dua antara lain Nagita Slavina, Aurel Hermansyah dan Paula Verhoeven.

Dalam foto yang diunggah Nagita Slavina di akun Instagram @raffinagita itu terlihat para ibu hamil itu memiliki ukuran perut berbeda-beda. Namun warganet justru terfokus kepada Lesti Kejora, lantaran wanita tersebut baru saja menikah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nah, sebenarnya ada penjelasan medis yang menentukan ukuran perut ibu hamil terlihat besar atau kecil, sehingga terkadang tidak sesuai dengan usia kandungan. Mungkin Anda juga menemukan sendiri ada ibu hamil dengan usia kandungan baru lima bulan tapi sudah terlihat seperti tujuh bulan misalnya.

Perut ibu yang baru kali pertama hamil biasanya baru mulai terlihat menonjol di usia kehamilan 12 pekan-16 pekan. Setelah itu, ukuran lingkar perut akan bertambah rata-rata 1 cm per minggu. Meski begitu, ini tidak bisa dijadikan acuan karena ukuran dan bentuk perut tiap ibu hamil dapat berbeda-beda.

Baca Juga: Hari Kopi Sedunia: Ini 8 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

Bentuk perut ibu hamil memang berbeda-beda, ada yang perutnya tampak besar, kecil, bulat, melebar, serta ada pula yang perutnya terlihat tampak tinggi atau rendah. Mengutip laman alodokter, Minggu (3/10/2021), bentuk dan ukuran perut ibu hamil ini bisa berbeda karena dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain:

1. Postur tubuh

Postur tubuh ibu hamil ternyata turut memengaruhi bentuk atau ukuran perut. Umumnya ukuran perut akan tampak terlihat lebih besar jika postur tubuh ibu hamil kurus atau tidak terlalu tinggi.

Sedangkan dari segi bentuk, perut akan lebih tampak melebar ke samping jika postur tubuh ibu hamil pendek. Sebaliknya, jika Bumil memiliki postur tubuh yang tinggi, maka perut akan terlihat lebih menonjol ke depan.

2. Berat badan

Kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan dapat membuat perut ibu hamil terlihat lebih besar. Namun, perlu diingat, ukuran perut yang besar ini tidak bisa dijadikan tanda bahwa bayi yang ada di dalam kandungan juga berukuran besar.

Baca Juga: 4 Bumil Sultan Pemotretan Bareng, Perut Lesti Kejora Jadi Perhatian

3. Kekuatan otot perut

Otot perut yang kuat dan kencang dapat menahan perkembangan rahim sehingga tidak tampak terlalu menonjol. Otot perut yang kuat juga membuat perut ibu hamil menjadi tinggi dan menonjol saat kehamilan sudah besar.

Sebaliknya, posisi perut akan tampak turun jika otot perut lebih kendur. Satu hal yang pasti, tinggi rendahnya posisi perut ini tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi.

4. Kehamilan pertama atau bukan

Ukuran perut ibu hamil umumnya akan tampak lebih besar pada kehamilan yang kedua atau seterusnya. Ini dikarenakan otot-otot perut sudah meregang dan melemah sehingga tidak dapat menahan pertumbuhan rahim seperti sebelumnya.

5. Jumlah bayi dalam kandungan

Perut ibu hamil yang mengandung bayi kembar tentunya akan berukuran lebih besar daripada perut ibu hamil dengan bayi tunggal.
6. Posisi bayi dalam kandungan

Bentuk perut melebar bisa disebabkan oleh posisi bayi yang melintang. Jadi, bentuk perut melebar atau memanjang juga tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi ya, Bumil.

7. Ukuran janin

Meski tidak bisa dijadikan tolak ukur yang pasti, sebagian perut ibu hamil terlihat kecil karena pengaruh dari ukuran bayi yang dikandungnya. Bumil mungkin untuk memiliki janin dengan ukuran lebih kecil dari rata-rata apabila memiliki anggota keluarga dengan riwayat serupa sebelumnya. Begitu juga sebaliknya.

Baca Juga: Beraktivitas di Luar Ruangan dan Terkena Sinar Matahari Naikkan Mood

8. Cairan ketuban atau preeklampsia

Terlalu banyaknya cairan ketuban atau polihdramnion bisa membuat perut ibu hamil tampak lebih besar. Sebaliknya, ukuran perut yang kecil bisa menjadi tanda kekurangan cairan ketuban atau oligohidramnion.

Hal lain yang dapat membuat perut ibu hamil terlihat kecil adalah adanya gangguan pada plasenta akibat preeklampsia. Namun, Bumil tak perlu khawatir. Kondisi-kondisi ini akan segera terdeteksi oleh dokter, jika Bumil memeriksakan kandungan secara teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya