SOLOPOS.COM - Makam Kanjeng Pangeran Puruboyo I di komplek Masjid Sulthoni, Wotgaleh, Sendangtirto, Berbah Sleman. (JIBI/Harian Jogja/Sunartono)

Harianjogja.com, SLEMAN – Aksi perusakan terhadap makam Kanjeng Pangeran Puruboyo I di komplek Masjid Sulthoni, Wotgaleh, Sendangtirto, Berbah Sleman Sabtu (23/11/2013) bukan yang pertama

Pangeran Puruboyo I atau dikenal dengan Purboyo memiliki nama asli Jaka Umbaran. Ia merupakan putra dari Panembahan Senopati yang lahir dari istri putri Ki Ageng Giring.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Juru kunci makam Kanjeng Pangeran Puruboyo, Mas Ngabehi Muh Zamroni menjelaskan pada bulan November ini tercatat tiga kali aksi menggulingkan maejan atau nisan kecil makam Kanjeng Pangeran Purboyo dan istrinya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kalau yang kemarin sekitar jam 6 lebih sedikit kami tahunya. Ini sudah tiga kali selama sebulan yaitu tanggal 13, 18, 23 kemarin itu,” terangnya saat ditemui di komplek pemakaman Minggu (24/11/2013).

Karena sempat terjadi perusakan makam leluhur di Jalan Kusumanegara Jogja beberapa waktu lalu, ia pun merasa khawatir. Karena itu aksi pelaku yang ketigakalinya kemudian dilaporkan ke kelurahan.

Sedangkan pihak Kelurahan Sendangtirto kemudian menginformasikan ke Polsek Berbah.

Ia menambahkan, pelaku diduga dilakukan satu orang dengan ciri yang nyaris sama. Bahkan sempat mengaku sebagai warga salahsatu kecamatan di Kota Jogja dan berpakaian ala muslim.

“Terakhir itu ingatan saya sepertinya menggunakan motor Kawasaki,” kata Mas Ngabehi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya