SOLOPOS.COM - Makam Kanjeng Pangeran Puruboyo I di komplek Masjid Sulthoni, Wotgaleh, Sendangtirto, Berbah Sleman. (JIBI/Harian Jogja/Sunartono)

Harianjogja.com, SLEMAN – Polres Sleman akhirnya berhasil mengidentifikasi pelaku perusakan nisan Pangeran Puruboyo, di komplek Masjid Sulthoni, Wotgaleh, Sendangtirto, Berbah Sleman pada 23 November 2013.

Pelaku diketahui berinisial TK, 38, warga Kelurahan Purbayan, Kotagede, Jogja. TK biasa melakukan ziarah ke makam Pangeran Puruboyo kemudian menggulingkan empat nisan kepala, di antaranya milik Pangeran Puruboyo dan nisan istrinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebanyak tiga kali TK melakukan upaya perusakan makam.

Sebelumnya Juru kunci makam Kanjeng Pangeran Puruboyo, Mas Ngabehi Muh Zamroni menjelaskan aksi yang nyaris berujung pada perusakan itu bukan pertama kalinya.

Pada bulan November tercatat tiga kali aksi menggulingkan maejan atau nisan kecil makam Kanjeng Pangeran Purboyo I dan istrinya, yakni pada tanggal 13, 18, 23 November.

Kapolres Sleman AKBP Ihsan Amin, Senin (9/12/2013) menjelaskan berdasarkan pemeriksaan saksi, pelaku menggunakan motor Shogun AB 3620 PS.

Motor tersebut sempat diamankan di Mapolsek Berbah guna pemeriksaan tetapi kemudian sudah diserahkan ke TK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya