Perusahaan Kembalikan Pekerja ke Kantor, WFH Mulai Pudar di Asia

Meski pandemi Covid-19 masih mengamuk di Asia, tetapi sejumlah perusahaan mulai berancang-ancang kembali bekerja di kantor.
Perusahaan Kembalikan Pekerja ke Kantor, WFH Mulai Pudar di Asia

Solopos.com, JAKARTA — Meski pandemi Covid-19 masih mengamuk di Asia, tetapi sejumlah perusahaan mulai berancang-ancang untuk kembali kerja di kantor. Berdasarkan survei CBRE Group Inc., banyak perusahaan di Asia yang berencana menambah ruangan kantor dalam beberapa tahun mendatang.

Survei itu menemukan 66% responden perusahaan di Asia menargetkan penambahan ruangan kantor dalam kurun waktu tiga tahun ke depan, dari sekitar 28% responden pada Oktober lalu. Sebaliknya, hanya 35% perusahaan multinasional yang berencana menambah ruangan kantornya ke depan.

Baca Juga: Penerima Sinovac Tak Masuk Data Vaksinasi Nasional Singapura

Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa ketika pandemi usai, lebih banyak perusahaan di Asia yang mempertahankan ritme bekerja tradisional ketimbang perusahaan Eropa dan Amerika Serikat. Mereka mungkin lebih nyaman kembali kerja di kantor.

“Perusahaan barat sejalan dengan kantor pusat mereka yang masih mengadopsi sistem bekerja dari rumah. Perusahaan Asia justru masih mempertahankan tradisi tradisional dan konservatif,” kata Kepala Penelitian CBRE Asia Pasifik Ada Choi, dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) dari Bloomberg, Kamis (22/7/2021).

Kantor Mulai Pulih

Perusahaan tersebut melakukan survei kepada 109 perusahaan di Asia, termasuk sektor properti, teknologi, dan keuangan, sepanjang Mei hingga Juni lalu. Sejumlah pasar perkantoran di Asia mulai memperlihatkan sinyal pemulihan sejalan dengan ekonomi yang mulai beranjak ke level positif.

Berdasarkan data Jones Lang LaSalle, volume sewa di Hong Kong tercatat naik 69% pada kuartal II/2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Data yang sama juga menunjukkan harga sewa perkantoran tingkat A di Singapura tumbuh 1,2% pada kuartal kedua tahun ini dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago