SOLOPOS.COM - Pekerja menaikkan buah kelapa sawit yang baru dipanen di kawasan perkebunan sawit di Desa Berkat, Bodong-Bodong, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, Kamis (10/3/2022). Harga tandan buah segar kelapa sawit nasional saat itu berada di level terendah di Papua Barat senilai Rp2.756,73 per kilogram dan tertinggi di Sumatra Barat senilai Rp3.733,02 per kilogram dan diprediksi akan naik terkait konflik Rusia dan Ukraina. (Antara/Basri Marzuki)

Solopos.com, SOLO — Serikat Petani Indonesia (SPI) menyatakan Indonesia butuh perubahan fundamental tata kelola sawit dan produksi minyak goreng. Produksi minyak goreng layak dikembalikan kepada rakyat. Reforma agraria yang sepenuh hati jadi syarat utama.

SPI mencermati selama beberapa pekan minyak goreng langka di pasaran. Setelah pemerintah mencabut kebijakan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan pada 16 Maret 2022, minyak goreng tiba-tiba hadir di pasaran namun dengan harga jual yang makin mahal. Penjelasan lengkap tersaji di Kembalikan Produksi Minyak Goreng kepada Rakyat.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberhentikan mantan Menteri Kesehatan dokter Terawan Agus Putranto dari keanggotaan IDI. Ada Kode Etik Kedokteran Indonesia (Kodeki) yang dilanggar purnawirawan jenderal bintang tiga itu.

Hal tersebut disampaikan epidemiolog Universitas Indonesia, Pandu Riono, yang mengirimkan salinan surat MKEK kepada Bisnis.com pada Sabtu (26/3/2022) terkait pemecatan Terawan. Menurut surat tersebut, dari 21 pasal yang yang tercantum dalam Kodeki, Terawan telah mengabaikan tiga pasal, yakni pasal empat, enam, dan 18. Duduk perkara bisa dibaca di Duduk Perkara Pemecatan Mantan Menkes Terawan.

Invasi Rusia ke Ukraina dalam perspektif Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin, adalah wujud kolonialisme. Ketika konflik Ukraina-Rusia berkecamuk, para pemimpin Eropa mendorong peralihan yang lebih cepat ke energi terbarukan sebagai bagian dari strategi untuk mengakhiri ketergantungan pada gas alam Rusia.

Ada beberapa analis mengemukakan kepentingan terbesar Rusia menginvasi Ukraina adalah untuk kepentingan pasar gas alam. Menurut Vasyl, gas alam bagi Rusia hanya alat untuk melancarkan hasrat kolonialisme. Cerita lengkap bisa dibaca di Invasi Rusia ke Ukraina Memacu Transisi Eropa ke Energi Hijau.

Pada 27 Maret 1948 Kota Solo dihebohkan oleh pertempuran antara Tentara Pelajar yang didukung unit pasukan TNI lainnya melawan sesama pasukan TNI yang terlibat sejumlah tindak kejahatan yang meresahkan masyarakat.

Beberapa orang jatuh menjadi korban, tetapi Kota Solo kemudian menjadi jauh lebih aman dari gangguan personel TNI yang tidak disiplin, liar, melanggar hukum tentara, dan menyengsarakan masyarakat. Kisah lengkap tersaji di 27 Maret 1948 di Kota Solo, Ketika Tentara Menembak Tentara.

Kongres Kebudayaan Desa 2022 yang akan diselenggaraka pada Juni 2022 hingga Oktober 2022 mendorong pembangunan datakrasi, pembentukan Dewan Kebudayaan Desa, dan pembentukan  Kaukus Desa Antikorupsi.

Kongres Kebudayaan Desa 2022 menggunakan tiga pendekatan, yaitu gerakan, kebijakan, dan pemikiran. Pendekatan gerakan dilakukan setelah rumusan kongres. Rumusan itu mencakup pengetahuan, metode berdesa, dan grand design datakrasi. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Kongres Kebudayaan Desa 2022 Membangun Datakrasi demi Kemandirian Desa.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya