Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Pertunjukan Rakyat Tratap nJingkat Karanganyar Berjaya di Jawa Tengah

Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Karanganyar meraih juara I Lomba Pertunjukan Rakyat Tingkat Provinsi Jawa Tengah melalui karyanya Tratap nJingkat.
SHARE
Pertunjukan Rakyat Tratap nJingkat Karanganyar Berjaya di Jawa Tengah
SOLOPOS.COM - Anggota Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Karanganyar bersiap mementaskan Pertunjukan Rakyat berjudul “Tratap nJingkat”, beberapa waktu lalu. “Tratap nJingkat” meraih juara I Lomba Pertunjukan Rakyat Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2021. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pertunjukan Rakyat berjudul Tratap nJingkat bertema Jaga Tangga produksi Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Karanganyar meraih juara I Lomba Pertunjukan Rakyat Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Dalam ajang yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah itu, film pendek produksi Karanganyar juga meraih juara III.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Tratap nJingkat berkisah tentang kepulangan anak Arjo Cemeng dari perantauan ke padukuhan di masa genting pandemi Covid-19. Kegembiraan dirayakan dengan berkumpul, berjoget, dan bersenang-senang. Pak Kepala Dukuh (Pak Dukuh) yang merupakan satgas Covid-19 memberikan teguran, namun tidak digubris.

Baca Juga: Jadi Kabupaten Kreatif, Karanganyar akan Kembangkan 17 Potensi Ekonomi

Sebagian warga mendukung upaya Pak Dukuh untuk mengedepankan protokol kesehatan dan sebagian lainnya menentang. Hingga terjadi peristiwa anak Pak Arjo Cemeng positif Covid-19. Warga yang khawatir tertular berusaha mengusirnya dari padukuhan, namun dapat dicegah dan dipahamkan untuk menerapkan jaga tangga.

Sedangkan dalam Lomba Film Pendek untuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Jawa Tengah, Karanganyar mengirimkan tiga KIM. Yakni KIM Tunas Harapan Dagen dari Kecamatan Jaten, KIM Manteb Desa dari Kecamatan Karangpandan, dan KIM Saraswati Desa Gaum dari Kecamatan Tasikmadu. KIM Manteb Karangpandan yang mengirimkan karya film pendek berjudul Nular menjadi juara III dalam ajang tersebut.

Sementara itu, seremoni pengumuman lomba dan pemberian penghargaan diselenggarakan di Studio I TVRI Jawa Tengah, Kamis (25/11/2021). Penghargaan diterima Joko Suranto dari FK Metra Karanganyar, dan Okta dari perwakilan KIM Manteb Karangpandan.

Baca Juga: Disdikbud Karanganyar akan Tambah Durasi PTM Mulai Semester Depan

Apresiasi Para Seniman

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Karanganyar, Apri Linawati, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada peserta dari Karanganyar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada FK Metra Karanganyar dan KIM Manteb yang telah membawa harum Karanganyar di tingkat provinsi. Kemenangan ini diharapkan bisa memacu seniman-seniman Karanganyar untuk terus berkarya dan bermitra dengan pemerintah dalam rangka ikut menyebarluaskan program dan kebijakan pemerintah seperti kebijakan penanganan pandemi Cvid-19 ini,” ujarnya, Jumat (26/11/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah, Sumarno, mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya mengapresiasi FK Metra dan KIM yang telah ikut berpartisipasi dalam menyampaikan program-program pemerintah kepada masyarakat.

Baca Juga: Pemkab Karanganyar Gelar Pemilihan Duta Lingkungan 2021

“Terima kasih kepada FK Metra dan KIM dalam peran sertanya ikut menyosialisasikan program pemerintah dengan cara-cara yang lebih mudah dipahami oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, proses perlombaan digelar bulan September hingga Oktober 2021 dan diikuti oleh seluruh Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) dan KIM se-Jawa Tengah.

Karena masih masa pandemi Covid-19, lomba diubah dengan tapping (perekaman) kamera statis tanpa edit dengan durasi maksimal 30 menit kemudian dikirimkan ke Diskominfo Jawa Tengah. Sedangkan untuk lomba film pendek berdurasi maksimal 15 menit, dengan tema protokol kesehatan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode