SOLOPOS.COM - Ilustrasi bekerja di kantor. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Banyak perusahaan saat ini yang sudah mewajibkan pekerjanya bekerja kembali di kantor alias work from office. Bagi Anda yang sudah terbiasa bekerja di rumah, mungkin ada perasaan khawatir dan cemas kembali bekerja di tengah banyak orang, dengan ancaman pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir.

Kembali bekerja di kantor sekarang bisa tampak seperti tantangan besar. Sangat penting untuk mengambil langkah yang tepat untuk membuat transisi ini semulus mungkin. Selain itu tentu saja supaya tidak menciptakan klaster baru baik di tempat kerja maupun di lingkungan keluarga.

Promosi Kisah Agen Mitra UMi di Karawang: Penghasilan Bertambah dan Bantu Ekonomi Warga

Berikut tips yang perlu Anda pertimbangkan ketika mulai kembali bekerja di kantor dilansir dari Times of India dan Bisnis.com pada Senin (1/11/2021) :

Ekspedisi Mudik 2024

1. Wanita paling banyak menghadapi beban

Karena perempuan telah lama menjadi pengasuh utama rumah tangga, mereka menghadapi cukup banyak kesulitan dalam menangani pekerjaan rumah tangga dan kantor pada saat yang bersamaan. Sambil merawat anak-anak dan orang tua, wanita dapat menghabiskan lebih banyak waktu bersama mereka setiap saat. Mereka mungkin merasa cemas sekarang karena harus kembali ke kantor.

Baca Juga: Mengapa Ada Orang Tidak Suka Buah dan Sayur? Ini Penjelasannya

2. Pendekatan selektif

Manajer dan pemilik bisnis harus berhati-hati saat menerapkan aturan di tempat kerja lagi karena orang mungkin memiliki pandangan yang berbeda tentang situasi tersebut. Ekstrovert mungkin senang untuk kembali sementara introvert mungkin merasakan tekanan ekstra untuk berinteraksi dengan rekan kerja setelah berada jauh dari kantor untuk waktu yang lama.

3. Pertimbangan kesehatan mental

Para ahli telah menyebutkan bahwa orang akan menghadapi kecemasan dan stres pada tingkat tertinggi karena situasi ini sangat umum di luar sana. “Kembali ke kantor bisa membuat stres atau nyaman, tergantung pada sikap pribadi dan lingkungan kantor. Orang yang terlibat secara sosial akan senang kembali ke perusahaan rekan kerja, sementara seorang introvert mungkin merasa tertantang oleh kebutuhan untuk berbaur dan bergaul setelah waktu yang lama,” ujar Presiden Yayasan Kesehatan Masyarakat India, New Delhi, K. Srinath Reddy, kepada IANS.

Baca Juga: Sudah Dapat Vaksinasi Penuh, Bryan Adams Positif Covid-19 Kok Bisa?

4. Pendekatan terbaik

Perusahaan dan bisnis dapat memastikan bahwa lingkungan kerja mereka cocok untuk karyawan setelah mereka kembali ke kantor setelah jeda yang begitu besar. Mereka harus menghindari penerapan aturan ketat dan menjaga suasana tetap menyenangkan dan tenang. Rutinitas kerja yang fleksibel harus diterapkan sampai orang-orang datang ke kantor secara teratur. Ruang kantor juga dapat didesain ulang untuk membantu karyawan merasa nyaman, menurut Jayesh Ganesh, Regional Head of Edifice Consultants, sebuah firma desain arsitektur yang berbasis di Bengaluru kepada IANS.

5. Adaptasi

Pada fase ini, orang harus perlahan-lahan bersiap dan belajar beradaptasi dengan keadaan yang berubah. Director, Mental Health and Behavioral Sciences, di Fortis Healthcare, Samir Parikh mantra ambil satu langkah pada satu waktu, yaitu satu hari pada satu waktu dapat sangat membantu orang untuk menerima situasi kerja pascapandemi. Karyawan juga dapat menerapkan rutinitas terorganisir yang akan membantu mereka kembali ke kehidupan kerja sebelum pandemi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya