SOLOPOS.COM - Ilustrasi petani tembakau Boyolali dan tembakau rajangan siap kirim (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)

Pertanian Jateng, khususnya pertanian tembakau, menjadi kelabu seiring merebaknya isu kenaikan harga rokok.

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah berupaya agar petani tembakau tidak dirugikan menyusul wacana kenaikan harga rokok. Pasar hasil pertanian Jateng itu kelabu seiring merebaknya perdebatan publik tentang perlunya pemerintah Indonesia meneladani langkah Wali Kota New York Michael Bloomberg menaikkan harga rokok demi mematikan industri tembakau Tanah Air

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Isu yang berkembang terkait kenaikan harga rokok ini tentunya membuat para petani cemas, bagaimana dengan harga dan pasar tembakau ke depan,” kata Kepala Disperindag Jawa Tengah Priyo Anggoro di Semarang, Selasa (30/8/2016).

Terkait hal itu, pihaknya optimistis Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak akan tinggal diam, terutama jika kebijakan dari Pemerintah pusat berdampak pada kerugian petani. “Bagaimanapun juga petani jangan sampai rugi karena penyangga kemandirian bangsa adalah petani,” katanya.

Pihaknya akan memfasilitasi petani dengan pembeli. Upaya tersebut dilakukan untuk memastikan harga dan pasar tidak akan bergejolak kaitannya dengan isu kenaikan harga rokok tersebut. Sementara itu, diakuinya hingga saat ini pihaknya belum menerima keluhan dari pengusaha terkait wacana kenaikan harga rokok tersebut.

“Sejauh ini belum ada keluhan dari pengusaha yang masuk kepada kami. Meski demikian, kami berupaya terus proaktif memantau operasional perusahaan-perusahaan rokok di Jawa Tengah,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jateng menyampaikan agar petani maupun pengusaha tidak perlu khawatir terkait informasi mengenai kenaikan harga rokok. “Belum, itu kan masih dikaji. Jadi tidak usah berandai-andai,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya