SOLOPOS.COM - Jasnuri melakukan pemeliharaan tanaman bawang merah yang ada di Dusun Garotan, Desa Bendung, Semin. Kamis (14/9/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Pertanian Gunungkidul mengembangkan bawang merah super

Harianjogja.com, SEMIN – Petani di Desa Bendung, Kecamatan Semin mulai membudidayakan bawang merah kualitas super. Di tahap awal, penanaman dilakukan dilakukan di lahan seluas dua hektare.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : PERTANIAN GUNUNGKIDUL : Desa Bendung Budidayakan Bawang Merah Jenis Super

Ketua Kelompok Tani Ngudi Mulyo, Desa Bendung Jasnuri mengatakan budidaya bawang merah mulai dilakukan tahun ini. Sebelumnya, penanaman dilakukan secara individu.

“Kalau sekarang dilakukan serentak oleh anggota yang tergabung dalam Kelompok Tani Ngudi Mulyo,” katanya, Jumat (15/9/2017)

Menurut dia, penanaman di tahun ini terhitung berhasil. Hal itu terlihat dari panen yang dihasilkan. Dia menuturkan, satu hektare lahan yang ditanami Bawang Merah jenis Super Philip dapat menghasilkan panen sebanyak 18 ton.

“Kita sudah mulai panen dan hasilnya bisa maksimal. Kalau diperhitungkan, panen ini lebih baik dari panen padi yang biasa didapatkan oleh petani,” ujarnya.

Jasnuri mengungkapkan keberhasilan budidaya bawang merah tidak lepas dari kondisi cuaca yang baik. Keberadaan musim kemarau menjadi salah satu faktor yang membuat tanaman bawang dapat tumbuh maksimal. “Airnya bisa dijaga sehingga dapat maksimal. Sedang dari sisi serangan hama juga relatif dapat dikendalikan,” tutur dia.

Disinggung mengenai harga, Jasnuri mengakui sedang baik karena satu kilonya dihargai Rp15.000.

“Ini bisa lebih tinggi lagi karena di pasaran harganya sudah tembus Rp20.000 per kilogram. Jadi secara bisnis, penamanan ini sangat menguntungkan,” katanya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya