SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

Pertanian Bantul untuk cabai diprediksi segera pulih

Harianjogja.com, BANTUL— Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Kabupaten Bantul memprediksi pasokan cabai menjelang tahun baru akan kembali nornal. Meskipun produksi menurun, beberapa daerah di Bantul akan panen menjelang akhir tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul Pulung Haryadi menyampaikan pasokan sempat terganggu ketika September lalu sejumlah tanaman cabai milik petani Bantul banyak yang tergenang air akibat hujan lebat. Kendati demkian pada November ini sebagian petani sudah ada yang panen, sehingga persedian cabai tetap ada meskipun kurang.

Ekspedisi Mudik 2024

Meski pasokan mulai normal, kata dia diprediksi harga cabai akan tetap tinggi karena menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru permintaaan akan tinggi. Dari yang sekarang diketahuinya, harga cabai mencapai Rp50 per kilogram dan kemungkinan bisa naik menjelang akhir tahun.

Sebelumnya dari pantauan pasar pada awal November di Pasar Niten dan Pasar Imogiri. Kebanyakan pedagang mengaku stok cabai tengah minim. Padahal, permintaan masyarakat sendiri perlahan mengalami peningkatan.

Sutarmi, salah satu pedagang di Pasar Imogiri mengakui, meski tak sepenuhnya menghilang, komoditas cabai sempat sulit di pasaran. Diakuinya perhari ia hanya mendapat stok cabai tak lebih dari 5 kilogram saja. Kata dia keterbatasan stok itu sudah terjadi sejak April lalu. Begitu juga dengan harga, dia mengaku harga cabai terbilang fluktuatif.

“Cabai merah sekarang ada yang mencapai Rp50.000,” ujarnya, Rabu (23/11/2016).

Begitu pula dengan Suwarmin, pedagang Pasar Niten. Di Pasar Niten, harga cabai diakuinya juga mengalami kenaikan. “Di sini, cabai merah keriting naik hingga Rp8.000 per kilogram,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya