SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Stok benih padi dijamin cukup menghadapi musim tanam Oktober-Maret.

Harianjogja.com, BANTUL – Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul, menjamin stok benih padi di daerah ini menghadapi musim tanam pada Oktober-Maret tidak mengalami kekurangan meskipun terjadi perubahan iklim pada tahun ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Karena perubahan iklim saat ini, pola tanam padi menjadi maju, sehingga permintaan benih banyak, namun itu tidak berdampak pada kekurangan benih,” kata Kepala UPT Balai Benih Barongan, Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul, Budi Santosa seperti dikutip Antara, Senin (17/10/2016).

Menurut dia, permintaan benih padi berbagai varietas di gudang benih milik UPT tersebut saat ini tinggi, bahkan pihaknya beberapa kali menolak pembelian benih padi unggul verietas tertentu meskipun stok di gudang habis.

Meski begitu, kata dia, petani tetap bisa memperoleh benih padi tersebut di sejumlah produsen benih padi unggulan di kelompok tani yang menjadi binaannya, sebab produksi benih padi tidak hanya terpusat di UPT tersebut.

“Tidak akan kekurangan, karena perputaran benih padi itu prosesnya memutar, misalnya di sini tidak ada benih varietas situbagendit dan inpari, namun di tempat lain ada, begitu sebaliknya. Saat ini di di tempat kami tersedia benih padi varietas mekongga,” katanya.

Budi mengatakan ketercukupan stok benih padi untuk memenuhi kebutuhan benih di Bantul ini karena produksi benih padi selama setahun mencapai sekitar 1.200 ton berbagai varietas, sementara kebutuhan benih padi Bantul sepanjang tahun sekitar 900 ton benih.

“Kalau di UPT Balai Benih Barongan ini produksinya 200 ton per tahun karena lahan kita hanya setengah hektare, namun di beberapa produsen benih se Bantul yang kami dampingi produksinya mencapai 1.000 ton, sehingga totalnya sekitar 1.200 ton benih,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya