SOLOPOS.COM - Seorang konsumen mengisi BBM menggunakan aplikasi MyPertamina di SPBU Gajahmungkur, Kota Semarang, Selasa (10/11/2020). (Semarangpos.com-Pertamina MOR IV JBT)

Solopos.com, SOLO — Bahan bakar minyak atau BBM dibutuhkan untuk semua jenis kendaraan. Pemilihan jenis BBM penting untuk kendaraan terutama sepeda motor, agar tidak merusak mesin.

Pilihan BBM untuk sepeda motor adalah jenis Pertalite dan Pertamax. Dua jenis BBM tersebut memiliki kandungan oktan yang berbeda dan tentu berpengaruh juga pada harga per liternya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ada yang bertanya, Pertalite dan Pertamax jika digunakan untuk sepeda motor iritan mana? Dikutip dari MyPertamina.id, Gardaoto.com, dan Gridoto.com, akan memberikan gambaran mengenai hal tersebut.

Baca juga: Apa Boleh Pertamax Dicampur Pertalite, Bagaimana Efeknya?

Disebutkan Pertamax adalah bahan bakar yang memiliki oktan sebesar 92, sedangkan Pertalite oktan sebesar 90. Semakin tinggi nilai oktan suatu bahan bakar, maka BBM akan lebih lama untuk terbakar.

Sehingga tidak adanya residu pada mesin yang ditinggalkan bahan bakar sehingga dapat mengganggu kinerja mesin kendaraan. Selain itu, kendaraan yang memiliki kompresi tinggi lebih cocok menggunakan bahan bakar beroktan tinggi.

Namun harus dilihat juga rasio kompresi dari motor yang Anda miliki sebelum menggunakan salah satu bahan bakar tersebut. Karena masing-masing motor atau mobil punya spesifikasi berbeda dan membutuhkan BBM tertentu.

Sebagai contoh, Yamaha NMAX lama memiliki rasio kompresi 10,5 : 1, dan Honda Series rasio kompresi mulai dari 9,5 : 1. Serta sampai 10 : 1 untuk All New Honda BeAT.

Baca juga: Mau Jual Motor, Ini Tipsnya Agar Cepat Laku

BBM Jenis Pertamax dengan oktan minimal 92 direkomendasikan untuk kendaraan yang memiliki rasio kompresi 10 : 1 hingga 11 : 1, berarti cocok untuk Yamaha NMAX. Sedang Honda Series kompresi 9,5 sampai 10 :1 minimal dapat menggunakan Pertalite (RON 90).

Berdasarkan hasil tes konsumsi BBM Yamaha NMAX yang menggunakan Pertamax (RON 92), rata-rata yang didapat adalah 39,8 km/liter. Jarak tempuh untuk menguji keiritan sejauh 128 km dengan kondisi jalan yang dilalui beragam, layaknya kondisi penggunaan harian.

Berdasarkan hasil tes sekali isi BBM Pertalite (RON 90) penuh 4,2 liter, Honda BeAT bisa menempuh jarak sejauh 214,2 km. Sementara untuk rata-rata konsumsi BBM yang dapat mencapai 51 km/liter.

Dari banyaknya pilihan kualitas jenis BBM, setiap jenisnya memiliki nilai oktan yang berbeda. Penggunaan BBM yang tepat membuat proses pembakaran di ruang mesin menjadijadi lebih sempurna, sehingga motor bisa lebih irit.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya