SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Antara/M. Risyal Hidayat)

Solopos.com, DEPOK – Amerika Serikat (AS) siap menyokong teknologi militer kelas dunia untuk meningkatkan pertahanan Indonesia.

“Kita bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia untuk meningkatkan pertahanan wilayah perairan dan menguatkan pertahanan internasional,” kata Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert Orris Blake di Kampus Universitas Indonesia Depok, Rabu (19/11/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Blake mengatakan Amerika akan memberikan bantuan seputar modernisasi peralatan militer Indonesia. Ia menyatakan akan membawa sistem dan teknologi canggih berkelas dunia milik Amerika untuk diterapkan pada Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Kami juga akan membantu dalam modernisasi militer, termasuk sistem dan teknologi militer Amerika yang profesional dan berkelas dunia,” ujar dia.

Selain itu, lanjut Blake, ia menjamin Amerika siap memberikan peningkatan keamanan di wilayah perairan Indonesia dengan sumber daya dari angkatan militer Amerika.

Blake mengatakan, bantuan tersebut bisa berupa pelatihan militer khusus dan bantuan peralatan untuk memperkuat pertahanan di wilayah perairan Indonesia.

“Ini untuk memastikan keamanan wilayah perairan Indonesia, dan untuk mencegah terjadinya penangkapan ikan dari kapal asing,” ujar dia.

Ia menyebutkan, pertahanan wilayah perairan Indonesia menjadi sangat penting mengingat letak geografis negara Indonesia yang dikelilingi oleh lautan. Terlebih, ia juga mengatakan, Indonesia sedang membentuk konsep poros maritim dunia.

Blake mengatakan Indonesia mempunyai tantangan yang besar dalam bidang pertahanan wilayah perairan ketika berbagai kapal secara global melintasi wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya