SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berbincang dengan ketua Panpel Liga 2 Grup C di Stadion Manahan Solo, Ginda Ferachtriawan, Senin (15/11/2021) malam. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meminta pendukung Persis Solo untuk legawa menerima kekalahan atas pertandingan yang digelar melawan PSIM Jogja, Senin (15/11/2021) malam.

Ia menyayangkan aksi ratusan suporter yang menggeruduk Stadion Manahan usai laga derbi tersebut. Dalam laga lanjutan pekan kedelapan Liga 2 itu, Persis Solo harus mengakui keunggulan PSIM Jogja dengan skor 0-1.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalah yo kalah. Hla piye (hla bagaimana)? Bal-balan, bal e bunder, iso menang iso kalah [sepakbola, bolanya bundar, bisa kalah bisa menang],” ucapnya, di Balai Kota Solo, Senin (15/11/2021) pagi.

Baca Juga: Hasil Liga 2: Foto-Foto Pertandingan Persis Solo Kalah 0-1 Lawan PSIM

Soal keramaian yang sempat terjadi di depan Stadion Manahan, Gibran menyebutnya sudah teratasi oleh kepolisian. “Sudah diatasi Pak Kapolresta. Ya, jangan sampai terjadi lagi,” kata dia.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu kemudian mengomentari soal gerakan #EkoOut yang ramai di media sosial maupun digaungkan oleh kelompok pendukung Persis Solo.

Menurutnya, urusan tersebut menjadi ranah Manajemen Persis Solo dan dirinya hadir di Stadion Manahan saat laga kemarin sebagai kepala daerah alias tuan rumah. “Saya datang sebagai tuan rumah, bukan pendukung Persis Solo. Saya netral saja,” imbuhnya.

Baca Juga: 10 Berita Terpopuler: Fans Persis Solo Geruduk Manahan Semalam

Gibran lantas mengimbau pendukung dan pencinta sepakbola, serta warga Solo dan sekitarnya untuk menjaga tensi. Terpilihnya Solo sebagai tuan rumah Liga 1 dan Liga 2 harus mendapat dukungan semua pihak.

“Harus dijaga, keamanannya. Harus siap kalah juga. Kalau menang dijaga selebrasinya. Kalah enggak perlu marah-marah. Kita itu tuan rumah. Jangan sampai [bikin kerusuhan]. Sudah dipercaya Liga 1 dan 2, eman-eman [sayang],” beber Gibran.

Pihaknya bakal mengantisipasi laga Persis Solo berikutnya mengingat tensi gerakan #EkoOut belum turun. Gibran bakal mengundang Pasoepati untuk mengobrol dan menurunkan tensi. “Saya yakin enggak akan terjadi kasus serupa, jangan sampai lah,” tutupnya.

Baca Juga: Persis Solo Kalah dari PSIM, Eko Purdjianto Tak Hadiri Jumpa Pers

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya