SOLOPOS.COM - Dari kiri ke kanan: M. Jaelani Saputra (Komite Pertandingan), Aji Jaya Bintara (Ketua Pelaksana), Fary Djemy Francis (Ketua Dewan Pengarah), Abdullah Azam (Sekjen Akademi Nusantara Bersatu) dalam konferensi pers Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022 di Nusantara Polo Club, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/7/2022). (Antara/Muhammad Ramdan)

Solopos.com, BOGOR – Sebanyak 16 tim dari akademi sepak bola terbaik di Indonesia bakal bersaing dalam turnamen Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022 di Nusantara Polo Club dan Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 16-31 Juli 2022.

Ketua Pelaksana Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022, Aji Jaya Bintara, mengatakan peserta yang tampil adalah tim atau akademi sepak bola terbaik di Indonesia dan merepresentasikan wilayah di Tanah Air.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Pada edisi pertama, kata Aji, turnamen yang mempertandingkan kategori usia 16 tahun ini telah menyedot perhatian di mana lebih dari 70 akademi dari seluruh Indonesia ikut mendaftar Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022, namun setelah melalui riset terukur akhirnya terpilih 16 akademi.

“Pemilihan 16 akademi ini berdasarkan riset terukur dari prestasi tiga tahun terakhir. Kami pun mengundang delapan akademi dari tim Liga 1 dan delapan non-Liga 1 yang dikenal luas sebagai penghasil bakat-bakat sepak bola terbaik,” kata Aji dalam konferensi pers Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022 di Nusantara Polo Club, Cibinong, Bogor, Selasa (5/7/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Lindungi Pemain Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Minta Ini pada Warganet

Mengenai kategori usia, lanjut Aji, usia 16 tahun adalah masa transisi dari pembinaan ke kompetisi. “Biasanya pada usia 17 tahun, atlet akan teken kontrak dengan tim profesional. Dari sisi pengembangan juga masih ada waktu untuk menuju standar internasional,” kata dia.

Ketua Dewan Pengarah Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022, Fary Djemy Francis, mengatakan 30-35 pemain terbaik akan mendapat beasiswa masuk Akademi Nusantara Bersatu.

“Akademi Nusantara Bersatu ini hadir atas inisiasi bapak Prabowo Subianto yang ingin melakukan pembinaan terhadap pesepak bola usia dini 16 tahun. Dengan begitu nantinya Indonesia memiliki talenta-talenta pesepak bola kelas dunia, sebab akademi ini nantinya akan dibuat berstandar internasional dengan hadirnya pelatih-pelatih Eropa,” kata Fary.

Baca Juga: Sejumlah Pemain Persis Solo Fokus Adaptasi Menjelang Liga 1 2022/2023

Sebanyak 30 sampai 35 pemain yang mendapat beasiswa dipilih berdasarkan rangkaian sistem terintegrasi. “Dan ini turnamen pertama yang menggunakan full big data analisis dalam menilai setiap pemain. Jadi pemain akan dinilai dari beberapa aspek, khususnya tiga aspek yakni mental, teknik, dan fisik,” kata Aji.

Ke-16 tim yang bersaing terbagi dalam empat grup. “Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan masuk ke babak delapan besar dengan format setengah kompetisi. Kemudian mereka kembali bersaing dengan dibagi dua grup. Lalu empat tim akan bersaing di semifinal dan berlanjut ke final,” kata Komite Pertandingan Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022, M. Jaelani Saputra.

Berikut ini tim peserta dan grup Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022:
GRUP
Persis Solo
PSLS Lhokseumawe
PSIS Semarang
Tiga Naga FC

GRUP B
PSM Makassar
PSA Ambon
PSS Sleman
Asifa

GRUP C
Persib Bandung
Garuda Nusantara
Persipura
ASIOP

GRUP D
Borneo FC
Maluku Utara SLC
Persija Jakarta
Bintang Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya