SOLOPOS.COM - Pelatih Persis yang baru Aris Budi Sulistyo sedang memberi pengarahan. JIBI/Solopos/dok

Persis Solo sudah bergerak cepat menyeleksi pemain untuk mengarungi Divisi Utama musim ini.

Solopos.com, SOLO — Janji untuk membentuk skuat inti yang singkat tampaknya benar-benar dijalankan oleh pelatih anyar Persis Solo, Aris Budi Sulistyo. Baru beberapa hari resmi menangani skuat Laskar Sambernyawa, Aris mengaku sudah memiliki kerangka tim sekitar 50%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kerangka tim sementara itu diperoleh Aris Budi Sulistyo setelah menyaksikan uji coba antara Persis Solo dengan PS MARS yang berakhir dengan skor 1-0 di Stadion Manahan, Kamis (29/1/2015). Gol semata wayang yang dalam laga itu dilesakkan striker Chandra Waskito memanfaatkan throwpass eks gelandang serang Persijap Jepara, Andika Dian Asruri.

“Setidaknya ada sekitar 50 % kerangka tim yang sudah saya kantongi. Bayangannya timnya hampir sama dengan pemain yang membela Persis musim lalu,” ujar Aris saat dijumpai wartawan seusai pertandingan.

Dalam uji coba yang menjadi rangkaian seleksi Persis Solo itu, Aris Budi Sulistyo memberi kesempatan hampir semua pemain menunjukkan performanya. Seusai seleksi ia pun mencoret lima-enam pemain. Namun, siapa-siapa saja pemain yang didepak eks pelatih Persik Kediri itu enggan menyebutkan.

“Nanti dulu saya perlu koordinasikan dengan manajemen [pengurus Persis]. Pemain yang saya coret itu menempati posisi wing back, wing back kanan, stopper, gelandang dan striker,” ujar Aris Budi Sulistyo.

Dengan pencoretan ini skuat Persis pun masih tersisa sekitar 28 pemain. Selain lima-enam pemain yang dicoret, tim pelatih juga mendepak dua pemain lainnya karena tak pernah mengikuti latihan selama beberapa hari terakhir, yakni Junet H.W. dan Sugeng Riyadi, yang sama-sama menempati posisi gelandang tengah.

Pencoretan pemain ini akan kembali dilanjutkan Aris pada latihan Jumat (30/1/2015). Namun pencoretan hari ini tidak akan dilakukan Aris melalui laga uji coba seperti yang direncanakan sebelumnya. Aris mengaku seleksi melalui uji coba dinilainya tidak terlalu efektif. Karenanya ia pun akan menggelar seleksi hari ini dengan
menggelar game antarpemain selama 90 pemain.

Senioritas
Sementara, terkait kekurangan yang masih dimiliki timnya Aris mengaku masih membutuhkan pemain di posisi wingback kiri dan striker. Selain itu, ia juga membutuhkan sosok pemain senior yang bisa menjadi panutan para pemainnya yang mayoritas masih muda.

“Bidikan untuk pemain senior, seperti yang dituturkan manajemen juga adalah April Hadi [eks gelandang serang Persija]. Semoga ia bisa melengkapi kebutuhan kami,” imbuh Aris.

Terpisah, koordinator pembentukan Persis, Totok Supriyanto, mengaku mempercayakan sepenuhnya pembentukan tim kepada pelatih kepala. Terkait kebutuhan pemain, Totok mengaku pengurus siap memenuhinya dengan mendatangkan beberapa pemain jebolan Indonesia Super League (ISL).

“Kalau untuk pemilihan pemain saya sepenuhnya percayakan pada mas Aris,” tutur Totok.

Sementara itu pada laga uji coba kemarin juga turut diwarnai beberapa muka baru, salah satunya adalah eks striker Semen Padang U-21, Achmad Rezal Octavian. Namun nasib pemain yang yang pernah mengenyam pengalaman bersama SAD Indonesia itu sepenuhnya belum pasti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya