Persis Solo Gelar Seleksi Pemain Pekan Depan, Begini Respons Klub-Klub Internal
Solopos.com|sport

Persis Solo Gelar Seleksi Pemain Pekan Depan, Begini Respons Klub-Klub Internal

Adanya akses bagi tim internal untuk berkontribusi sebagai penggawa Persis Solo bakal menjadi penyemangat tersendiri bagi para pemain.

Solopos.com, SOLO — Rencana Persis Solo menggandeng klub internal dalam seleksi pemain untuk Liga 2 2021 disambut antusias. Sejumlah klub internal pun siap mengirimkan pemain terbaiknya dalam seleksi yang rencananya mulai digelar pekan depan.

Antusiasme tersebut bisa dibilang wajar mengingat mereka sudah lama tak dilibatkan dalam upaya pembentukan skuat Persis. Kali terakhir tim internal diundang untuk seleksi pemain Persis adalah tahun 2017 saat era Yudi Suryata.

Setelah itu klub internal tak pernah dijawil ketika Persis tengah membentuk skuat. Padahal sebelumnya banyak bintang Persis yang lahir dari tim internal seperti Bayu Nugroho, Diego Benowo, Chandra Waskito, Dedi Cahyono Putro, hingga Akbar Riansyah.

Baca juga: 10 Berita Terpopuler : Yussa Tertarik Persis Solo – Warung Bakso Enak Wonogiri

Pelatih Yuananing Perkumpulan Iki Tujuaning Eling Raga (Yupiter), Herry Prasetyo, menyambut baik pelatih Eko Purdjianto yang berencana melibatkan 26 tim internal Persis dalam seleksi pemain.

Herry mengatakan adanya akses bagi tim internal untuk berkontribusi bagi Persis bakal menjadi penyemangat tersendiri bagi para pemain. Sebagai aset Kota Solo, Herry menilai sudah semestinya Persis melibatkan publik bola lokal untuk nyengkuyung klub.

“Tentu ini menjadi kabar gembira bagi pemain. Selama ini mereka hanya latihan tanpa punya peluang membela klub kebanggaan kota ini,” ujar Herry saat dihubungi Solopos.com, Jumat (26/3/2021).

Baca juga: Susunan Tim Pelatih Baru Persis Solo, Duo Pelita Connection Jadi Pendamping Eko?

Pihaknya siap mengirimkan pemain terbaik apabila mendapat undangan seleksi Persis. Menurut Herry, penggawa Yupiter masih rutin berlatih sepekan tiga kali di Lapangan Ngasem.

“Sejauh ini belum ada sosialisasi langsung dari Persis. Namun prinsipnya kami siap mengirimkan pemain senior maupun junior untuk seleksi,” jelasnya.

Terbuka dengan Talenta Lokal

Manajer Hiyeging Warga Muda (HWM) Universitas Surakarta (Unsa), L Agus Saparno, juga bersemangat ketika mendengar klub internal bakal diikutsertakan dalam seleksi pemain Persis Solo.

“Ini bagus agar pembinaan pemain bisa berkelanjutan. Kami mendukung munculnya pemain putra daerah untuk memajukan Persis,” ujar Agus.

Baca juga: Ini Sederet Prestasi Persis Solo, Klub Milik Kaesang Pangarep

Dukungan serupa disampaikan Pelatih PS Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Bambang Nugroho. Dia mengapresiasi Persis era Kaesang Pangarep yang sangat terbuka dengan talenta lokal.

“Kami support untuk setiap upaya memajukan pembinaan bola di Kota Solo,” ujarnya.

Sementara itu Asisten Pelatih Al Wathoni, Dary Tsabida Alauddin, menilai langkah Persis memberi peluang unjuk gigi pemain lokal sudah pas.

“Bakat-bakat asal Solo sebenarnya tidak kalah dengan pemain luar kota. Kalau kita lihat, klub-klub Liga 1 dan Liga 2 saat ini mulai mengorbitkan pemain mudanya untuk menjadi tulang punggung tim,” urai dia.

Enggan Membatasi Pemain Muda

Sebelumnya diberitakan, Pelatih Persis Solo, Eko Purdjianto, saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (25/3/2021). Eko mengaku sudah menyiapkan program seleksi pemain untuk menyiapkan tim menghadapi persaingan musim ini.

Apalagi sejumlah klub sudah mulai membentuk skuat untuk adu kuat di Liga 2 2021. “Pekan depan rencana sudah mulai [seleksi pemain], dimulai dari pemain klub-klub internal,” ujar Eko.

Baca juga: Cantiknya Potret Michelle Kuhnle, Eks Indonesian Idol yang Jadi Humas Persis Solo

Sebagai informasi, Persis memiliki 26 klub internal yang beberapa tahun terakhir kurang mendapat perhatian. Di era bos baru Kaesang Pangarep, manajemen berkomitmen berkolaborasi dengan klub internal untuk suplai pemain muda berbakat asal Solo.

Eko Purdjianto pun enggan membatasi pemain muda asal Kota Bengawan yang bisa berseragam Persis. “Kalau ada banyak pemain yang berkualitas tentu lebih baik,” ujar pelatih asal Semarang itu.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago