SOLOPOS.COM - Presiden ke-6 RI, SBY, Salat Maghrib Berjemaah dengan Prabowo dan Jokowi beberapa waktu lalu. (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Prabowo Subianto akan bertemu SBY untuk membahas persiapan pemilu, termasuk menghadapi Jokowi di Pilpres 2019.

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berencana bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) demi membahas persiapan menjelang Pemilu 2019.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Insya Allah dalam waktu dekat ini beliau akan ketemu pada waktu yang cocok,” kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Gedung DPR, Senin (24/7/2017).

Muzani mengatakan bahwa meski pemilu masih dua tahun lagi, namun berdasarkan rancangan agenda Komisi Pemilihan Umum (KPU), setidaknya pada September 2018 sudah harus diumumkan koalisi pengusung capres dan cawapres. “Kalau akhir tahun atau awal tahun depan sudah tergambar. Pembicaraan-pembicaraan yang mengarah ke sana sudah harus dilakukan mulai dari sekarang,” ujar Muzani.

Partai Demokrat mewacanakan mengusung putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), pada Pilpres 2019. Sedangkan Gerindra akan kembali mengusung Prabowo. Baca juga: SBY & Prabowo akan Bertemu Bahas Pilkada Jakarta Putaran 2.

Baik Demokrat maupun Gerindra ingin agar ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold dihapus dalam pilpres selanjutnya. Dengan demikian, setiap parpol bisa mengusung sendiri pasangan capres-cawapres.

Namun, dalam UU Pemilu yang baru disahkan, presidential threshold yang ditetapkan sebesar 20% kursi atau 25% suara secara nasional berdasarkan hasil Pemilu 2014. Dengan demikian, perlu ada koalisi untuk mengusung capres-cawapres.

Sebelumnya, politikus Gerindra Nizar Zahro berkeyakinan apapaun hasil UU Pemilu yang disepakati, dua capres yang sangat berpeluang untuk maju pada pemilu serentak 2019 adalah Prabowo dan Jokowi. Menurutnya, Gerindra mulai serius mempersiapkan Prabowo sebagi capres untuk berhadapan dengan Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya