Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Persiapan Ngunduh Mantu Nikahan Kaesang, Dekorasi Loji Gandrung Dikebut Sabtu

Pemasangan dekorasi di Loji Gandrung, Solo, yang akan jadi lokasi acara ngunduh mantu nikahan Kaesang dengan Erina bakal dikebut agar bisa selesai pada Sabtu (10/12/2022).
SHARE
Persiapan Ngunduh Mantu Nikahan Kaesang, Dekorasi Loji Gandrung Dikebut Sabtu
SOLOPOS.COM - Ranu Asmoro dari Asmoro Decoration saat diwawancarai wartawan di Gedung Graha Saba Buana yang menjadi tempat pernikahan adik Jokowi, Selasa (24/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pemasangan hiasan atau dekorasi di Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung dikebut agar bisa selesai pada Sabtu (10/12/2022) untuk digunakan acara ngunduh mantu nikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022).

Owner Asmoro Decoration, Ranu Asmoro, yang dipercaya mendekorasi Loji Gandrung, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (9/12/2022), mengatakan pemasangan dekorasi di Loji Gandrung sudah dilakukan sejak Kamis (8/12/2022) sore.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

“Kami sudah mengerjakan dekorasi di Loji Gandrung sejak kemarin sore [Kamis] dan akan kami kerjakan hingga besok [Sabtu],” lanjut Ranu yang sudah kerap dipercaya mendekorasi venue hajatan keluarga Presiden Jokowi.

Untuk acara ngunduh mantu nikahan Kaesang Pangarep, yang merupakan putra bungsu Presiden Jokowi, dengan Erina Gudono, Asmoro Decoration mengusung tema Jawa Klasik Mataram Islam.

Tema tersebut dianggap menjadi representasi daerah asal Kaesang dan Erina, yaitu Solo dan Jogja yang cikal bakalnya dulu adalah Kerajaan Mataram Islam.

Baca Juga: Profil Taufik M Widodo, MC Acara Ngunduh Mantu Nikahan Kaesang-Erina di Solo

“Dekorasi yang di Loji Gandrung sebagai lokasi utama prosesi [ngunduh mantu], kami mengambil tema Jawa Klasik Mataram Islam, karena kami anggap tepat dalam menggambarkan dua mempelai dalam acara ini,” ujarnya.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Ranu menjelaskan Jawa Klasik merupakan akar dari keluarga Kaesang Pangarep yang berasal dari Jawa. Sedangkan Mataram Islam, menurut Ranu, adalah representasi dari kota asal kedua mempelai yakni Kota Solo dan Kota Yogyakarta.

Kirab Naik Kereta Kuda

Seperti diketahui, kedua wilayah tersebut memiliki dua keraton yang berasal dari Mataram Islam. Ranu menceritakan setelah tema tersebut diajukan kepada panitia pernikahan dan keluarga Presiden Jokowi, mereka langsung setuju.

Baca Juga: Arus Lalu Lintas Solo akan Dipantau Drone Polri saat Nikahan Kaesang-Erina

Ide itu kemudian langsung dieksekusi oleh Ranu. “Tema tersebut kami gambarkan dengan ada Gunungan Wayang tapi juga dengan nuansa Islami yang kental,” ujar Ranu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, prosesi adat ngunduh mantu nikahan Kaesang dengan Erina di Loji Gandrung, Solo, Minggu (11/12/2022) akan dimulai pukul 07.30 WIB.

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

Setelah itu, pasangan pengantin dan keluarga akan mengikuti kirab naik kereta kuda dari Loji Gandrung ke lokasi resepsi atau tasyakuran di Pura Mangkunegaran. Sebanyak 12 kereta kuda disiapkan untuk kirab tersebut, perinciannya 11 kereta kuda untuk kirab dan satu kereta kuda untuk cadangan.

Baca Juga: Langganan, Asmoro Decoration Kembali Dipercaya Mendekor Venue Nikahan Kaesang

Kirab akan melibatkan 80-an prajurit Keraton Solo yang terdiri atas korps musik dan bregada. Sesampainya di Pura Mangkunegaran, pasangan pengantin dan keluarga akan menerima para tamu undangan.

Ada sekitar 6.000 undangan yang disebar ke berbagai pihak mulai dari kepala negara hingga bakul angkringan. Selain itu ribuan sukarelawan pendukung Jokowi juga akan datang ke acara tersebut



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode