SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Persediaan pangan khususnya beras, kualitasnya dikatakan tak terpengaruh musim hujan.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Musim penghujan tidak akan memengaruhi kualitas beras yang ada di gudang Bulog, kata Kepala Bulog Divisi Regional Jawa Tengah Usep Karyana.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kualitas beras sejauh ini tidak masalah, stok yang ada di kami sudah sesuai dengan standar,” katanya di Semarang, Selasa (29/12/2015).

Menurut dia, sesuai dengan Inpres Nomor 5 Tahun 2015 diatur tentang kualitas beras di antaranya kadar air maksimal 14 persen, butir patah maksimal 20 persen, kadar menir maksimal 2 persen, dan derajat sosoh minimal 95 persen.

Dengan syarat-syarat tersebut, kondisi beras akan baik disimpan paling tidak dalam kurun waktu enam bulan dalam kondisi apapun.

“Hujan atau kemarau tidak akan berdampak pada penurunan kualitas beras yang sudah masuk ke Bulog,” katanya.

Selain itu, dari sisi gudang juga sudah sesuai dengan standar ISO. Dalam hal ini, kondisi gudang terjaga dengan baik mulai dari kebersihan hingga perawatan.

“Yang paling penting adalah jangan sampai bocor karena akan berdampak buruk baik kondisi beras. Sejauh ini dari masing-masing subdivre di Jawa Tengah tidak ada masalah,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan penyerapan beras di musim penghujan diakuinya beberapa waktu terakhir ini Bulog tidak melakukan penyerapan mengingat saat ini sedang dalam masa tanam.

“Awal-awal bulan ini kami masih melakukan penyerapan, hanya sedikit-sedikit tetapi cukup menambah stok yang kami miliki,” katanya.

Jika melihat kondisi saat ini, Bulog akan kembali melakukan penyerapan paling tidak di bulan Maret atau pertengahan April tahun 2016.

“Pada saat itu merupakan puncak panen. Kemungkinan Kabupaten Demak akan menjalani masa panen pertama di Jawa Tengah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya